Solopos.com, SRAGEN -- Sebanyak 11 orang dari 13 legislator DPRD Sragen dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) mendaftar calon wakil bupati (cawabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 ke DPD PDIP Jateng.

Pendaftaran tersebut sebagai pelaksanaan atas imbauan DPD PDIP Jateng dan sebagai wujud loyalitas kepada partai. Sekretaris DPC PDIP Sragen, Suparno, mengungkapkan hal itu saat ditemui Solopos.com seusai peresmian jalan di Gebang, Masaran, Sragen, Senin (9/12/2019).

Belasan legislator yang mendaftar cawabup ke DPD PDIP Jateng itu terdiri atas Bambang Samekto, Sugiyamto, Heru Waluyo, Sukamto, Sutimin, Rizka Ayu Yadi Putri, Joko Setiawan, Sigit Pramono, Eko Muji Suharto, Suyanto, dan Sugiyarto.

Suparno tidak mendaftar karena menduduki Ketua DPRD Sragen. Demikian pula Wulan Purnama Sari tidak mendaftar karena merupakan adik ipar Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang sudah mendaftar sebagai calon bupati (cabup) di DPC PDIP Sragen beberapa waktu lalu.

“Semua anggota FPDIP memang mendaftar sebagai cawabup ke DPD PDIP Jateng kecuali saya dan Mbak Wulan. Ya, saya kan pimpinan DPRD sehingga tidak boleh mendaftar. Kalau Mbak Wulan kan adiknya Mbak Yuni. Kalau Mbak Wulan mendaftar nanti di hadapan masyarakat tidak baik. Hal itu merupakan imbauan dari DPD PDIP Sragen,” ujar Suparno.

Garam Ditakuti Ular Cuma Mitos, Ini yang Sebenarnya

Dia menerangkan anggota FPDIP diminta mendaftar sebagai cawabup ke DPD itu agar mereka mengetahui mekanismenya dan sebagai bentuk loyalitas kepada partai. Dia mengatakan soal keputusan akhirnya nanti terserah DPP.

Dia menyampaikan pembukaan pendaftaran cabup-cawabup di DPD dibuka pada Jumat-Kamis (6-12/12/2019). “Sepertinya hari ini mereka ke DPD. Ini merupakan penugasan partai. Entah hasilnya seperti apa ditunggu di kemudian hari. Jadi bukan masalah ini siapa dan ini siapa,” katanya.

Pemuda Sukoharjo Nyolong Belasan Kali Demi Gaya Hidup dan Ngapelin Pacar

Legislator FPDIP Sragen Bambang Samekto mengakui sudah mengambil formulir pendaftaran ke DPD PDIP Sragen sebagai cawabup pada Minggu (8/12/2019) lalu. Bambang menyampaikan pengembalian formulir menunggu para legislator FPDIP mengembalikan ke DPD.

Sementara itu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menanggapi dingin informasi Bambang Samekto mendaftar cawabup ke DPD PDIP Jateng. Saat ditanya peluang Bambang Samekto untuk disandingkan dengannya dalam rekomendasi DPP, Yuni menyampaikan rekomendasi itu wewenang DPP.

“Kami menerima keputusan partai karena partai yang memiliki wewenang untuk memutuskan. Kader partai disuruh manut. Tegak lurus partai,” ujar Yuni.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten