SOLOPOS.COM - Ilustrasi hiburan malam (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada Solo, Pemkot meminta tempat hiburan tutup sejak H-1 dan H pilkada.

Solopos.com, SOLO–Pemkot Solo mengimbau seluruh tempat usaha rekreasi dan hiburan umum (URHU) di Kota Bengawan tutup mulai Selasa (8/12/2015) pukul 18.00 WIB hingga Rabu (9/12/2015) pukul 18.00 WIB. Kebijakan ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan menghormati pelaksanaan Pilkada.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Eny Tyasni Suzana, seluruh pengusaha tempat hiburan di Solo sudah diberi Surat Edaran tentang penutupan sementara URHU menjelang Pilkada Solo tahun 2015. Penutupan sementara dilakukan selama 24 jam.

Ekspedisi Mudik 2024

“SE ini yang mengeluarkan Penjabat Wali Kota Solo Budi Suharto. Meski ini bersifat imbauan, tetapi kami berharap seluruh pengusaha tempat hiburan bisa mematuhi kebijakan ini,” kata dia seusai sosialiasasi SE tersebut ke pengusaha tempat hiburan di Graha Wisata, Senin (7/12/2015).

Eny menyampaikan aturan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama penyelenggaraan Pilkada berlangsung. Selain itu, penutupan tersebut juga untuk memberi kesempatan kepada karyawan memberikan hak suara pada Pilkada yang dilaksanakan serentak.

Menurut dia, ketika ada pengusaha yang tidak mematuhi aturan ini dan tetap membuka usahanya akan diberi teguran dan pembinaan. “Ini kan hajatan lima tahun sekali. Jadi, kami berharap tidak ada yang melanggar aturan tersebut,” ujar dia.

Eny menuturkan URHU yang diminta untuk menutup kegiatan sementara itu seperti tempat karaoke, diskotik, dan cafe yang menyediakan live music. Namun, untuk cafe atau restoran masih boleh buka dengan catatan tidak ada hiburan live music atau hiburan yang mengundang kegaduhan.

“Ini sifatnya antisipasi. Kalau yang tempat karaoke dan diskotik ya diimbau untuk tutup total,” kata dia.

Kasat Intel Polresta Solo, Kompol Giyono, mengatakan untuk menjaga keamaan dan kondusivitas pelaksanaan Pilkada, seluruh URHU diminta menjalankan SE tersebut. Dia menuturkan Pilkada merupakan momen yang perlu dijaga kondusivitas secara bersama-sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya