Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa (Puguh) menghadiri deklarasi dukungan dan peresmian Posko Aspirasi Puguh di Kelurahan Joglo, Banjarsari, Solo, Minggu (5/1/2020). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Calon wali kota (cawali) dan calon wakil wali kota (cawawali) Solo usulan DPC PDIP Solo untuk Pilkada Solo 2020, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa, makin rajin menghadiri deklarasi dukungan dari berbagai elemen masyarakat.

Dalam tiga hari terakhir Puguh sudah mendatangi setidaknya dua kegiatan deklarasi dukungan warga Solo. Kegiatan pertama digelar ratusan warga Kelurahan Joglo, Banjarsari, Minggu (5/1/2020) pagi, di kelurahan setempat.

Kegiatan berikutnya pada Selasa (7/1/2020) di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Jebres, Solo, yang dihadiri 1000-an warga Solo. Selang sehari berikutnya, Rabu (8/1/2020) malam Puguh dijadwalkan menghadiri deklarasi dukungan Komunitas Bolo Juang.

Kegiatan itu diklaim akan diikuti 1000-an anggota Komunitas Bolone Jugo Pajang (Bolo Juang). “Kegiatan ini inisiatif dari teman-teman elemen pendukung saya, bukan gerakan struktural partai,” ujar Jugo Agung Ruwanto, Rabu.

Kasus Intimidasi Siswa Tak Berhijab di Sragen, Sekolah: Sudah Damai

Dia menjelaskan kegiatan inti di tikungan jalan tembus Transito, Pajang, itu pembacaan deklarasi dukungan kepada Puguh. Bolo Juang juga meminta Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, memberikan rekomendasi kepada Puguh.

“Dengan deklarasi ini kami harapkan DPP bisa melihat dukungan kepada Purnomo-Teguh benar-benar riil dari warga Solo,” kata dia.

Puguh dinilai sebagai sosok yang sudah berpengalaman membawa Solo kian maju. Menurut Jugo, deklarasi Bolo Juang juga melibatkan generasi milenial Kelurahan Pajang dan Barisan Teguh Prakosa (BTP) Laweyan.

Sedangkan Achmad Purnomo saat diwawancarai Solopos.com, belum lama ini, juga mengakui sudah ada sederet kegiatan deklarasi dukungan kepada Puguh. Dia bersama pasangannya, Teguh Prakosa, berencana menghadiri acara itu.

Anak Ayu Azhari Ditangkap Polisi, Jual Senjata ke Koboi Lamborghini Kemang

Di sisi lain, Gibran Rakabuming Raka juga terus melakukan aksi blusukan kampung untuk berkenalan dan berdialog dengan masyarakat. Seperti pada Selasa, dia berdialog dengan sejumlah penarik becak di salah satu warung makan di Lodji Wetan, Solo.

Kepada putra sulung Presiden Jokowi itu para penarik becak mengeluhkan sepinya penumpang beberapa waktu ini. Menjawab pertanyaan itu Gibran mengusulkan becak menjadi angkutan pariwisata yang mengantar para wisatawan.

Untuk mewujudkan hal itu perlu adanya koordinasi dengan para penyedia jasa transportasi online di Kota Solo. Dalam sehari Gibran bisa menghadiri lima hingga enam lokasi untuk berdialog dengan masyarakat.

Masalah yang disampaikan warga beraneka ragam, mulai dari pasar tradisional, infrastruktur jalan, ruang terbuka hijau dan lalu lintas. Saat diwawancarai wartawan di sela kegiatannya, Gibran menyebut strategi pemenangannya dalam Pilkada 2020 yaitu blusukan dan pertemuan warga.

Dia bertekad terus blusukan masuk ke gang-gang kecil di perkampungan warga.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten