SOLOPOS.COM - Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada Solo, secara mengejutkan DPC PKB Solo mendukung pasangan Rudy-Purnomo.

Solopos.com, SOLO--Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Solo resmi mendukung pasangan F.X. Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo dalam Pilkada Solo 2015.  Keputusan ini cukup mengejutkan mengingat sebelumnya PKB disebut-sebut bakal bergabung di Koalisi Solo Bersama (KSB) yang mengusung pasangan Anung Indro Susanto-M. Fajri (Afi).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di Kantor DPC PDI Perjuangan (PDIP) Solo di Brengosan, Laweyan, Kamis (19/11/2015), Ketua DPC PKB Solo, Ahmad Muqid, menyerahkan dokumen resmi dukungan pada Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo. Dalam kesempatan itu, PKB langsung sesumbar dapat memberikan 10.000 suara pada pasangan petahana di Pilkada 2015.

“Berkaca di pemilihan legislatif lalu, kami dapat meraih 9.000-an suara. Ke depan kami optimistis bisa mengamankan 10.000 suara. Seluruh PAC, Dewan Syuro, PCNU hingga Banser akan dikerahkan,” ujar Sekretaris PKB Solo, Nurfatoni.

PKB mengklaim merapat ke PDIP lantaran kesamaan platform sebagai partai nasionalis yang menjunjung tinggi demokrasi dan wawasan kebangsaan. Meski demikian, Nurfatoni tak menampik sempat ada komunikasi antara partainya dengan KSB selaku pengusung pasangan Afi. Hanya, langkah itu urung terealisasi dengan dukungan lantaran ulama maupun petinggi PKB lebih condong ke Rudy-Purnomo.

“Dari berbagai konsultasi sampai pleno dukungan, PKB mantap merapat ke pasangan petahana. Kami melihat popularitas Pak Rudy bahkan dapat menyaingi Risma (Tri Rismaharini, calon wali kota Surabaya) dan Ahok (Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta).”

Ketua DPC PKB Solo, Ahmad Muqid, mengatakan PKB dan PDIP sulit dipisahkan dalam hubungan koalisi di pusat maupun daerah. Ahmad mengklaim dukungan PKB Solo pada Rudy-Purnomo menjadi bukti koalisi permanen dapat berjalan di kancah politik. Sebelumnya partai pimpinan Muhaimin Iskandar ini juga mendukung figur PDIP, Joko Widodo, saat pemilihan presiden.
“Kalau tidak merapat (ke Rudy-Purnomo) kok rasanya kami bersalah,” ucapnya.

Ketua PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menyambut baik dukungan yang diberikan PKB. Rudy mengatakan dukungan tersebut menjadi penyemangat untuk mengemban amanat masyarakat.

“Ini menjadi motivasi dan dorongan moril bagi kami,” ujarnya. Selain PKB, pasangan Rudy-Purnomo didukung Partai Hanura, Nasdem serta Golkar kubu Agung Laksono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya