SOLOPOS.COM - Cawali Solo Gibran Rakabuning Raka ditekani sang istri, Selvi Ananda tiba di TPS 022 Manahan, Banjarsari, Rabu (9/12/2020) pukul 08.38 WIB. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Pasangan calon wali kota-calon wakil wali kota (cawali-cawawali) Pilkada Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, menang telak di TPS 022 Manahan, Banjarsari, Solo.

Kemenangan Gibran berdasarkan penghitungan suara yang dilakukan KPPS pada Rabu (9/12/2020) mulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 14.25 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

TPS 022 Manahan adalah tempat putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyalurkan suara bersama sang istri, Selvi Ananda dan adiknya, Kaesang Pangarep.

Ke TPS Jalan Kaki, Cabup Klaten One Krisnata Ingin Raih 300.000 Suara Lebih

Dari perhitungan oleh KPPS diketahui Gibran dan Teguh menang dengan meraup 171 suara. Sedangkan pasangan lawan mereka, Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) yang maju dari jalur perseorangan, hanya mendapat 24 suara.

Sedangkan surat suara yang diyatakan tidak sah oleh KPPS sebanyak 13 lembar. Total surat suara yang digunakan 208 lembar.

Artinya warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 022 Manahan tapi tidak menggunakan hak pilihnya alias golput atau abstain 106 orang. Bila dipersentase dengan DPT di TPS itu berarti warga yang golput mencapai 33,75 persen.

Pilkada Sukohajo: Joko Paloma Nyoblos Bareng Istri, Klaim Unggul di 7 Kecamatan

Partisipasi Pemilih Rendah

Angka golput tinggi di TPS tempat Gibran dinyatakan menang ini menunjukkan rendahnya partisipasi pemilih. Ketua KPPS 022 Manahan, Toto Saronto, mengakui hal itu.

“Partisipasi cenderung menurun. Mungkin karena kondisi pandemi Covid-19 membuat warga jadi takut ke TPS. Tapi banyak juga dari yang tidak datang itu karena merantau. Sekitar 50 persennya,” ujar Toto kepada Solopos.com, Rabu.

Menurut dia, sejak H-3 pemungutan suara, pihaknya sudah menyebarkan formulir C pemberitahuan kepada para pemilih. Harapannya pemilih bisa menggunakan hak suara pada hari ini.

Cerita Saksi Bajo di Pilkada Solo: Datang dari Kudus, Keluar Duit Sendiri untuk Biaya Perjalanan

Tapi faktanya masih banyak pemilih yang tidak menyalurkan suaranya di TPS tempat Gibran dinyatakan menang tersebut.

“Kami juga terapkan protokol kesehatan secara ketat mulai dari pemeriksaan suhu tubuh pakai thermogun, wajib cuci tangan pakai sabun sebelum masuk TPS, cek penggunaan masker, menjaga jarak dan tinta diteteskan,” sambung dia.

Diberitakan Gibran Rakabuming Raka bersama istri dan adiknya menyalurkan suara di TPS 022 Manahan pukul 08.35 WIB. Mereka tertib mengenakan masker dan mengikuti prosedur penggunaan hak suara yang ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya