SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Achmad Purnomo. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah partai politik (parpol) mulai melamar Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Achmad Purnomo, untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2015. Lamaran tersebut baik sebagai bakal calon (balon) Wali Kota maupun balon Wawali.

Achmad Purnomo ketika dijumpai Solopos.com di ruang kerjanya, Kamis (2/10/2014), menuturkan ada beberapa parpol yang sudah mendekatinya dan melamarnya untuk maju dalam bursa pilkada nanti. Namun, Purnomo tidak membeberkan parpol mana saja yang sudah melamarnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Yang jelas, Purnomo mengatakan parpol tersebut di luar dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Purnomo menuturkan hanya ingin maju melalui kendaraan PDIP, dan bukan dari partai lainnya maupun melalui jalur independen. “Saya setia sama PDIP. Kalau tidak dari PDIP ya tidak. Banyak yang sudah lamar, tapi dari partai lain. Ada yang Wali Kota dan ada Wawali,” terangnya.

Purnomo yang baru bergabung dengan PDIP pada 2012 lalu dan jabatannya sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP itu mengaku masih menunggu keputusan partainya mengenai siapa yang akan maju dalam bursa pilkada Solo 2015. Sebagai kader partai, Purnomo mengaku siap jika ditempatkan di mana saja.

Ditanya apakah dirinya mengisyaratkan akan maju dalam Pilkada 2015 nanti, Purnomo menuturkan belum memikirkannya. Pihaknya hanya ingin menyelesaikan tugas dan kewajibannya sebagi Wawali saat ini. “Saya tidak mau berandai-andai. Saya akan dukung siapa saja yang nanti akan maju dari PDIP,” tuturnya.

Purnomo mengaku tidak terlalu berambisi untuk duduk memimpin warga Solo. Apalagi jika disesuaikan dengan faktor usianya yang sudah memasuki usia 65 tahun. Kecuali, lanjut dia, jika PDIP menghendaki dirinya maju maka siap untuk melaksanakannya. “Kan sebagai kader partai harus siap.”

Termasuk saat disinggung jika nantinya PDIP menempatkan dirinya tetap dalam posisi Wawali mendampingi F.X Hadi Rudyatmo yang kini menjabat Wali Kota, Purnomo mengaku pasrah dan menyerahkan sepenuhnya terhadap keputusan partai. Hingga kini, Purnomo mengatakan PDIP belum menentukan arah untuk pilkada mendatang. “Penjaringan calon kan belum ada. Tunggu dulu lah,” katanya.

Ketua DPC PDIP Solo F.X Hadi Rudyatmo menuturkan sejauh ini partainya masih belum melakukan penjaringan dan penyaringan calon. Rudy menilai pelaksanaan penjaringan dan penyaringan bakal calon (Balon) Wali Kota dinilai masih terlalu dini dilakukan saat ini. Namun pihaknya memastikan Desember mendatang sudah mengantongi siapa calon yang akan diusung partai berlambang banteng moncong putih ini.

Disinggung mengenai namanya masuk dalam bursa calon wali kota (Cawali) dan disebut-sebut menjadi calon tunggal, Rudy mengaku tidak tahu menahu. “Kata siapa? Saya malah baru dengar ini. Nanti kan ada prosesnya,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, arus bawah PDIP menghendaki F.X Hadi Rudyatmo menjadi Wali Kota Solo 2015-2020 mendatang. Rudy bahkan disebut sebagai calon tunggal dari PDIP selaku peraih kursi terbanyak di parlemen, yakni 24 kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya