SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada Sleman diperkirakan diikuti 816.456 jiwa

Harianjogja.com, SLEMAN-Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kabupaten Sleman telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman pada Rabu (24/6/2015) malam. Pengiriman DP4 ini sempat terlambat dari waktu yang dijadwalkan yaitu tanggal 23 Juni.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Jumlah pemilih pada pemilihan bupati (Pilbup) 9 Desember mendatang diprediksi mencapai 816.458 pemilih. Data tersebut di antaranya berasal dari pemilih pemula dan kaum disabilitas.

Ekspedisi Mudik 2024

Tahapan yang dilakukan KPU Sleman selanjutnya adalah mempersiapkan rekruitmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). PPDP bertugas dalam pencocokan dan penelitian (coklit) DP4 yang telah direkap oleh KPU RI.

“Coklit mulai 15 Juli. Rekruitmen PPDP-nya direncanakan awal Juni. Kami juga akan melakukan pemetaan Tempat Pemungutan Suara [TPS],” kata Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi, Kamis (25/6/2015).

Sebelumnya, KPU sudah memperkirakan bahwa hasil rekap analisis DP4 tidak jauh berbeda dari prediksi sebesar 798.525. Hasil tersebut berdasarkan jumlah pemilih pada Pilpres 2014 yang telah dikurangi 10%.

”Pilpres kemarin pemilihnya dari seluruh masyarakat yang tinggal di Sleman. Sementara Pilbup hanya mereka yang ber-KTP Sleman,” ujarnya.

Akhir Juni nanti KPU Sleman akan mengumpulkan camat, kepala desa, Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terkait rekruitmen PPDP. Sosialisasi dilakukan di Kecamatan Depok, Ngaglik, Seyegan dan Cangkringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya