SOLOPOS.COM - Petugas KPPS di TPS 19 Parang Barong, Tlogosari Semarang sedang melakukan penghitungan suara Pilkada 2015, Rabu (9/12/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Pilkada serentak tahap pemungutan suara, Rabu (9/12/2015).

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan secara umum pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahap pemungutan suara serentak di 21 kabupaten/kota berjalan lancar dan aman.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

“Kesiapan penyelenggara dan keamanan pilkada bagus sehingga berlangsung lancar dan aman,” katanya ditemui kanalsemarang.com saat meninjau penghitungan real count di Kantor DPD PDIP Jateng Panti Marhaen, Semarang, Rabu (9/12/2015) sore.

Hanya untuk tingkat partisipasi masyarat, sambung Ganjar masih ragu dapat mencapai 77,5% seperti yang ditargetkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng. Dari hasil pantau lapangan di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) tingkat kehadirkan pemilih rata-rata sebesar 60%, kendati ada yang sampai 80%.

Ganjar setelah melakukan coblosan di di TPS 02 Kelurahan Gajahmungkur, Semarang melakukan peninjauan di beberapa TPS seperti di TPS 29 Bandarharjo.

“Menurut saya partisipasi masyarat bisa mencapai 70 persen sudah bagus,” tandas Ganjar.

Mengenai rendahnya tingkat partisipasi masyarakat, menurut Ganjar karena sosialisasi pilkada serentak 2015 masih kurang menjangkau segenap lapisan masyarakat.

Dia mencontohkan masyarakat di beberapa daerah belum mengetahui adanya pilkada serentak tersebut. “Malah dikiranya pemilihan gubernur. Jadi memang masih kurang sosialisasi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengkritisi masa kampanye pilkada yang panjang, sekitar 90 hari sehingga mengakibatkan para kandidat pilkada mengalami kelelahan dan media menjadi tidak fokus pada tiap pasangan calon.

“Masa kampanya yang panjangmembuat para kandidat calon kepala daerah justru kelelahan serta kehabisan duit,” ujarnya.

Sementara pemantauan kanalsemarang.com di lapangan coblosan pilkada di Semarang berlangsung lancar, bahkan TPS 19 Parang Barong Tlogosari sudah merampungkan penghitungan suara pada pukul 13.30 WIB.

“Dari 392 jumlah pemilih yang terdaftar pilkada yang datang sebanyak 251 orang atau sekitar 80 persen,” ujara anggota KPPS TPS 19 Tlogosari Toto Sugiarto.

Hasil penghitungan suara pasangan nomor 1 Hendrar Prihadi-Ita meraih 82 suara, pasangan nomor 3 Sigit-Agus meraih 79 suara, dan pasangan nomor 3 Sumarmo-Zuber meraih 66 suara, serta 24 suara rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya