SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi penanggulangan huru-hara. (JIB/Solopos/Dok.)

Pilkada serentak akan digelar tahun ini di sejumlah daerah termasuk di Magelang.

Kanalsemarang.com, MAGELANG-Kepolisian Resor Magelang Kota, Jawa Tengah, menyiapkan 2/3 kekuatan personel dari total 641 personel yang dimiliki untuk mengamankan jalannya Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang, 9 Desember 2015.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

“Segala persiapan baik fisik maupun nonfisik sudah kami siapkan sejak dini guna pengamanan pilkada,” kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Edi Purwanto usai pengecekan kendaraan operasional Polres Magelang Kota di Magelang, Senin (3/8/2015).

Ia menuturkan dalam kesiapan fisik dengan menggelar olah raga rutin bagi anggota. Kemudian penampilan personel harus mencerminkan citra kepolisian dan menyiapkan sarana transportasi, seperti sepeda motor dan mobil untuk mobilisasi anggota.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menyebutkan beberapa waktu lalu pihaknya menggelar olah raga lari ke Gunung Tidar dan ke depan akan melakukan hal yang sama dengan lokasi lain guna kesiapan fisik mereka.

“Sekarang kami cek kesiapan sepeda motor dan mobil,” katanya.

Ia mengatakan pemeriksaan kendaraan bermotor pada dasarnya merupakan kegiatan rutin agar tidak cepat rusak. Tetapi, sekarang lebih spesial karena untuk menghadapi momen penting, yakni pilkada serentak pada Desember mendatang.

Ia menuturkan kendaraan bermotor sangat mendukung anggota dalam mengamankan jalannya pilkada. Semua bagian kendaraan diperiksa untuk menjaga performa selama menemani anggota bertugas.

“Kami mengundang teknisi dari bengkel untuk mengecek semua bagian kendaraan,” katanya.

Ia menyebutkan jumlah kendaraan bermotor yang dimiliki Polres Magelang Kota, yakni 66 unit sepeda motor dan 26 unit mobil.

“Secara umum kondisinya masih bagus, hanya ada beberapa kerusakan ringan yang harus segera diperbaiki, seperti piringan rem, kampas rem, dan lampu. Selain itu juga dicek alat kelengkapan kendaraan dan surat-surat yang dimiliki anggota,” katanya.

Wakapolres Magelang Kota, Kompol Rudy Cahya Kurniawan mengatakan selain kesiapan kendaraan operasional, pihaknya juga mengecek kondisi semua peralatan anggota pengendalian massa (Dalmas), antara lain tameng, borgol, helm, tongkat, dan senjata.

“Kami juga akan menggelar latihan pra-operasional untuk menyamakan persepsi tentang tugas pengamanan pilkada, termasuk diadakan simulasi pengamanan yang melibatkan semua elemen di luar instansi Polri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya