SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

Pilkada serentak digelar akhir tahun ini.

Solopos.com, SEMARANG – Partai politik (parpol) di Jawa Tengah mulai memasang target kemenangan pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015 di 21 kabupaten/kota.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah, Fikri Faqih, menargetkan pada pilkada yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang dapat meraih kemenangan di 14 kabupaten/kota.

“Berdasarkan perhitungan kekuatan pendukung, kami merasa optimistis dapat memenangi pilkada di 14 kabupaten/kota,” katanya di Semarang, Senin (25/5/2015).

Target ini, sambung dia, berdasarkan perhitungan jumlah perolehan kursi PKS di DPRD 14 kabupaten/kota yang cukup siginifikan sehingga memungkinkan untuk memenangi pilkada.

Dia menambahkan 14 kabupaten/kota itu antara lain Kota Pekalongan, Semarang, Solo, Purbalingga, Boyolali, Kendal, Kabupaten Semarang, Purworejo, Wonogiri, Klaten, Blora, Pemalang, dan Sragen.

“Bahkan tidak menutup kemungkinan kami akan mengusung kader PKS maju sebagai kepala daerah untuk dapat menang di 14 daerah tersebut,” urai anggota DPR ini.

Seperti diketahui jumlah anggota DPRD dari PKS sebanyak 145 orang, terdiri atas 132 anggora DPRD kabupaten/kota, dan 10 anggota DPRD Jateng.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jateng, Wisnu Suhardono, mengungkapkan pada pilkada mendatang paling tidak bisa meraih kemenangan di 12 daerah.

”Memang berat untuk dapat mempertahankan kepala daerah di 12 kabupaten/kota, tapi dengan kembali bersatunya Partai Golkar mudah-mudahan masih bisa dicapai,” ungkap dia.

Wisnu menyebutkan 12 kabupaten/kota itu antara lain, Demak, Grobogan, Karanganyar, Sragen, Purworejo, Wonosobo, Banjarnegara, Cilacap, Kota Tegal, Batang, dan Kota Pekalongan.

Untuk meraih kemenangan dalam pilkada mendatang, imbuh dia, Partai Golkar tidak bisa sendirian, tapi akan membangun koalisi dengan parpol lain.

“Kami akan melakukan koalisi dengan sejumlah parpol yang disesuaikan dengan kondisi daerah, tidak bisa dengan satu parpol saja,” beber Wisnu.

Ketua Desk Pilkada DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, sebelummya menyatakan memasang target pada pilkada 2015 meraih kemenangan di 15 kabupaten/kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya