SOLOPOS.COM - Lambang PDI Perjuangan (JIBI/Dok)

Pilkada serentak digelar 9 Desember 2015.

Kanalsemarang.com, SEMARANG– Pengamat memprediksikan PDIP akan mendominasi kemenangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di 21 kabupaten/kota di Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu DPP Gerindra memberikan rekomendasi kepada Anung Indarto Susanto-H.M Fajri sebagai calon Wali Kota Solo dan calon Wakil Wali Kota Solo.

”Rekomendasi untuk Anung-Fajri sudah turun hari ini [Senin kemarin],” kata Kepala Desk Pilkada Gerindra Jawa Tengah (Jateng) Sriyanto Saputro kepada Solopos.com di Semarang, Senin (27/7) malam.

Sedang untuk Wonogiri, imbuh dia, rekomendasi diberikan kepada calon bupati Hamid Noor Yasin dengan calon wakil bupati Wawan Setyo Nugraha. ”Surat rekomendasi masih dalam perjalan dari DPP di Jakarta ke Semarang, begitu sampai langsung diserhakan ke Solo dan Wonogiri agar besok Selasa bisa untuk mendaftar ke KPU,” tandasnya.

Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Muhammad Yulianto mengatakan PDIP paling siap menghadapi pilkada serentak pada 9 Desember 2015 dibandingkan partai politik (parpol) lain.

”PDIP paling awal memberikan rekomendasi kepada 21 calon kepala daerah dan mengadakan sekolah politik kepada para calon kepala daerah,” ujarnya kepada Solopos.com di Semarang.

Di samping itu, lanjut Yulianto untuk meraih kemenangan dalam pilkada partai berlambang banteng moncong putih dalam lingkaran menggunakan strategi mengusung incumbent atau petahana kepala daerah.

Pasalnya petahana kepala daerah memiliki beberapa keunggulan antara lain popularitas, jaringan sosial, bukti karya secara nyata serta dukungan finansial. Langkah PDIP ini, menurut dosen FISIP Undip ini dalam upaya mempertahkan sebagai kekuatan politik terbesar di Jateng.

”Saya prediksikan PDIP akan mendominasi kemenangan pilkada di Jateng. Paling tidak akan menang di 13 kabupaten/kota,” ungkap Yulianto.

Seperti diketahui jumlah petahanan kepala daerah yang diusung PDIP tercatat sebanyak 13 orang yakni yakni Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Bupati Boyolali Seno Samodro, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Bupati Pemalang H.M. Djunaedi.

Selain itu juga, Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo, Bupati Semarang Mundjirin, Bupati Kendal Widya Kandi Susanti, Wakil Bupati Blora Abu Nafi (mendapat rekomendasi menjadi calon Bupati Blora), Wakil Wali Kota Pekalongan Alf Arslan Al Junaid (mendapat rekomendasi menjadi calon Wali Kota Pekalongan).

Wakil Bupati Wonosobo Maya Rosida (mendapat rekomendasi menjadi calon Bupati Wonosobo), Bupati Purbalingg Tasdi, dan Wakil Bupati Klaten Sri Hartini (mendapat rekomendasi menjadi calon Bupati Klaten).

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada PDIP Jateng Agustina Wilujeng mengungkapkan mentargetkan meraih kemenangan Pilkada 2015 di 15 daerah.

Target ini, menurut dia berdasarkan perhitungan realitas politik dan hasil survei elektabilitas terhadap para calon kepala daerah yang diusung PDIP.

”Target kami meraih kemenangan di 15 daerah, seperti di Solo, Boyolali, Sukoharjo, Pemalang, dan daerah lainnya yang tidak perlu disebutkan,” tandas bendahara DPD PDIP Jateng ini.

Untuk mencapai target tersebut, Agustina meminta kepada para calon bupati dan wakil bupati segera membentuk tim sukses yang melibatkan semua komponenan masyarakat dan struktur partai.

”Para calon kepala daerah harus bekerja keras secara maksimal, bila perlu nyambati [meminta bantuan] ke Pak RT [rukun tetangga] agar memilih calon PDIP,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya