SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

Pilkada serentak akan digelar akhir tahun ini. Panwas Kota Semarang telah melantik panwascam. 

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Panitia Pengawas (Panwas) Kota Semarang melakukan pelantikan anggota pengawas kecamatan (panwascam) pemilihan kepala daerah 2015.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga. Panwas Kota Semarang, Bekti Maharani mengatakan telah merampungkan seleksi 48 anggota panwascam di 16 kecamatan di Kota Semarang.
“Sebanyak 48 anggota panwascam terpilih telah dilantik. Pelantikan panwascam Kota Semarang ini merupakan yang pertama dari 21 kabupaten/kota yang akan menggelar pemilihan kepala daerah 2015,” katanya di Semarang, Minggu (7/6/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Pelantikan 48 anggota panwascam tersebut dilakukan di Gedung Moch Ichsan Balaikota Semarang, Jumat (5/6/2015).

Setelah dilantik, lanjut Rani, 48 anggota panwascam langsung mendapat pembekalan dari Badan Pangawas Pemilihan Umum (Bawaslu Jawa Tengah dan bimbingan teknis dari anggota Panwas Kota Semarang.
“Bimbingan teknis untuk membekali anggota panwascam dalam melakukan pengawasan di tahapan pilkada Kota Semarang,” tandasnya.

Panwascam, sambung di kemudian akan membentuk panitia pemilihan lapangan (PPL) sebanyak 177 orang dan 2.810 orang pengawas tempat pemungutan suara.

“Kami berharap 48 panwascam dapat bekerja mengawal pemilihan pilkada Walikota Kota Semarang supaya berjalan sesuai perundangan yang ada,” harap Rani.
Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, Abhan Misbah mengatakan para anggota panwascam harus memiliki SIM pengawas.

“Jika seorang sopir mengendarai kendaraan harus memiliki SIM makanya pengawas untuk menjalankan tugas pengawasan harus punya SIM pengawas,” ungkap dia.
SIM pengawas itu, menurut Abhan yakni soliditas, imparsial, dan mental, “Jadi anggota panwascam harus solid, tidak memihak, dan harus kuat mental dari segala intervensi apapun,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya