SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian suara pemilihan umum (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Pilkada serentak akan digelar di sejumlah daerah akhir tahun ini termasuk di Pekalongan.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Forum Komunikasi Umat Beragama Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berkomitmen akan bersikap netral dan tidak akan berpihak pada salah satu pasangan calon wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah, 9 Desember 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Pekalongan, Ahmad Marzuki di Pekalongan, Senin (26/10/2015), mengatakan FKUB bukan lembaga politik yang bisa mengatur hak suara rakyat sehingga bersikap netral pada pilkada.

“Kami tidak akan mengarahkan umat beragama memilih pada salah satu pasngan calon wali kota tetapi akan menyerahkan sepenuhnya pada umat atau masyarakat,” katanya.

Menurut dia, situasi politik memang terkadang sedikit memanas sehingga para pemimpin umat harus bisa meredam situasi dan tidak menyulutkan persoalan dari segi agama yang bisa menimbulkan konflik politik.

“Kami menyerukan pada pimpinan atau tokoh umat beragama mengajak umatnya menggunakan hak pilih dan senantiasa memelihara kerukunan, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan meski pilihanya berbeda,” katanya.

Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Kota Pekalongan, Habib, mengatakan panwas akan melakukan sosialisasi Pilkada 2015 di sejumlah pusat-pusat keramaian.

Agenda sosialisasi tersebut, jata dia, merupakan kegiatan spontan penyebaran stiker sebagai langkah pencegahan dan pelanggaran-pelanggaran pilkada yang ditujukan masyarakat.

Ia mengatakan beberapa stiker yang dibagikan kepada masyarakat, antara lain stiker tentang setop kampanye hitam dan imbauan seperti masyarakat untuk melaporkan pada petugas pengawas di TPS jika menemukan kecurangan pada saat pelaksanaan pilkada.

“Kami merencanakan sosialisasi tersebut dilakukan bertahap dengan sasaran sejumlah pasar tradisional daerah ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya