SOLOPOS.COM - Ilustrasi daftar pemilih pemilihan umum. (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada serentak akan digelar akhir tahun ini di sejumlah daerah di Jawa Tengah termasuk Prurworejo.

Kanalsemarang.com, PURWOREJO-DPRD Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, meminta KPU Purworejo segera menyelesaikan ribuan pemilih ganda yang direkomendasikan Panwaslu Purworejo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Purworejo Kons Gudoyo di Purworejo, Rabu, meminta KPU segera menindaklanjuti rekomendasi Panwas yang telah menemukan 4.312 pemilih berpotensi ganda yang ada dalam DPT.

“Kami minta KPU agar membuat kertas kerja dan menyampaikan laporan periodik dalam penyelesaiaan DPT ganda.” katanya dalam rapat kerja tahapan Pilkada yang digelar Komisi A DPRD Kabupaten Purworejo beserta KPU dan Panwas.

Menurut politisi Partai Golkar ini, temuan DPT ganda itu harus disikapi sebagai persoalan yang serius, karena penyusunan data pemilih ganda itu berpotensi menjadi dalil gugatan hukum. Ia mengingatkan bahwa batas kemenangan dalam pilkada saat ini bukan persentase, melainkan selisih berapa pun bisa menjadi pemenang.

“Bahkan selisih satu saja bisa menang, maka data pemilih harus benar-benar valid,” katanya.

Wakil Ketua Komisi A Ngadianto mengaku kecewa dengan kinerja KPU dalam proses penyusunan data pemilih. Ia meminta KPU segera menggerakkan personel di bawah untuk memvalidasi potensi pemilih ganda.

“Harus segera dilakukan, kejelasan nama-nama ganda itu akan menggunakan hak pilihnya di mana,” katanya.

Anggota Komisi A Thoha Mahasin meminta KPU agar terbuka terhadap masukan, terutama Panwas Purworejo.

“Panwas itu lembaga yang sah dan diberikan kewenangan untuk mengawasi proses dan tahapan pilkada. Jadi masukannya harus ditindaklanjuti untuk memastikan setiap tahapan sesuai dengan regulasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya