PILKADA SERENTAK : Pasang Target Tinggi di Pilkada Jateng, DPP PDIP Optimistis

PILKADA SERENTAK : Pasang Target Tinggi di Pilkada Jateng, DPP PDIP Optimistis

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada. (Solopos/Dok)

Pilkada serentak akan digelar sebentar lagi. DPP PDIP menargetkan menangi 15 pilkada di Jawa Tengah.

Solopos.com, SEMARANG-DPP PDIP mentargetkan dapat meraih kemenangan cukup timggi yakni lebih dari 50% dari 21 pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015 Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang digelar serentak. Meski demikian, PDIP tetap optimistis.

Terget dari DPP PDIP tersebut diungkapkan Bendahara DPD PDI Jateng, Agustina Wilujeng dalam jumpa pers di Kantor Panti Marhaen, Kota Semarang, Sabtu (9/5/2015). “DPP PDIP mantergetkan dari 21 pilkada dapat meraih kemenangan di 15 kabupaten/kota,” katanya didampingi Wakil Sekretaris DPD Jateng, Achmad. Ridwan. Berdasarkan pengalaman pada pemilihan umum legislatif (pileg), pemilihan presiden (pilpres), lanjut Agustina, target dari DPP tidak pernah meleset.

Dia mencontohkan pada pileg 2014 lalu PDIP Jateng ditargetkan meraih 65 % suara, hasilnya dapat 65% suara, demikian pula pada pilpres 2014 DPP mamasang target di Jateng 30% suara hasilnya meraih 29,9% suara.
“DPP biasanya titis memasang target, sehingga kami juga optimistis dapat meraih kemenangan di 15 kabupaten/kota pada pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang,” bebernya.

Mengenai nama 15 kabupaten/kota tersebut, Agustina belum bersedia menyebutkan. “Paling tidak 10 kabupaten/kota yang saat ini kepala daerah dari PDIP, yang lima daerah masih dipetakan,” tukasnya.

Seperti diketahui saat ini kepala daerah yang berasal dari PDIP antara lain, Kota Solo, Kota Semarang, Sukoharjo, Boyolali, Kendal, Kabupaten Semarang, dan Pemalang. Agustina lebih lanjut menyatakan untuk mengamankan target dari DPP tersebut bukan merupakan hal yang mudah, karena pelaksanaan pilkada dilaksanakan secaran serentak.

Dengan pilkada dilakukan serentak, maka model gotong royong yang dilakukan PDIP selama ini berjalan efektif sulit untuk dilaksanakan.

Pasalnya, sambung Agustina tiap daerah melaksanakan pilkada sendiri-sendiri sehingga tidak dapat meminta dukungan dari daerah terdekat lainnya.

“Pilkada serentak ini memang berat, sehingga untuk meraih kemenangan dibutuhkan soliditas kader partai di daerah,” ungkap anggota anggota DPR RI ini.

Dia menambahkan untuk mengetahui kualitas para bakal calon bupati/wai kota dan wakil bupati/wakil wali kota yang mendaftar melalui PDIP akan menjalani tes tertulis. Pelaksanaan tes tertulis yang diikuti 174 bakal calon kepala daerah tersebut dipusatkan di Kantor DPD PDIP Jateng, Panti Marhaen Semarang selama tiga hari Senin-Rabu (11-13/5).

Dari data yang ada diketahui pendaftar bakal calon kepala daerah di wilayah eks Karesidenan Surakarta paling banyak yakni 59 orang, disusul eks Karesidenan Kedu dan Banyumas 58 orang, dan eks Karesidenan Semarang dan Pekalongan sebanyak 56 orang.

“Tes tertulis untuk menggali kemampuan dan pengetahuan calon kepala daerah,” tandas Agustina.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Nasdem Jateng, Setyo Maharso menyatakan proses penjaringan bakal calon kepala daerah yang akan diusung pada pilkada 2015 sudah rampung.

“Jumlah bakal calon bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota dari Nasdem di setiap daerah antara tiga sampai lima calon,” ungkap dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.