PILKADA SERENTAK 2015 : PDIP Survei Lagi Calon Bupati Wonogiri, Sragen, dan Klaten
Megawati dipayungi Rudy saat menghadiri pernikahan Gibran-Selvi di Solo, Kamis (11/6/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Pilkada serentak 2015 dipersiapkan serius oleh PDIP Jateng. PDIP belum memutuskan calon di Wonogiri, Sragen, Klaten.

Solopos.com, SEMARANG -- PDIP akan kembali melakukan survei untuk memutuskan nama calon kepala daerah di Wonogiri, Sragen, dan Klaten, yang akan diusung dalam Pilkada serentak 2015. Ketua Desk Pilkada PDIP Jawa Tengah (Jateng), Agustina Wilujeng, mengatakan survei ulang perlu karena belum ada nama calon yang kuat.

“Sampai sekarang nama calon kepala daerah di Wonogiri, Sragen, dan Klaten belum mengerucut pada nama satu orang sehingga akan dilakukan survei lagi,” katanya di Semarang akhir pekan lalu.

Disinggung nama incumbent atau petahana Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, yang mendaftar melalui PDIP, Agustina mengatakan sikapnya masih bimbang. Menurut dia, kepada pengurus DPP PDIP, Danar belum memberikan sikap kepastian apakah akan serius maju lagi sebagai Bupati Wonogiri atau tidak.

“Danar kalau ditanya tentang keseriusan maju maju sebagai calon Bupati Wonogiri jawabannya masih bimbang, sehingga perlu dipertegas lagi,” tandas Agustina.

Agustina yang juga Bendahara PDIP Jateng berharap setelah dilakukan survei lagi terhadap calon kepala daerah di Wonogiri, Sragen, dan Klaten sudah mengerucut pada satu nama. “Bila sudah mengurucut pada satu nama, segera kami usulkan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi sebagai calon kepala daerah,” ungkap anggota DPR ini.

Dia menambahkan selain Wonogiri, Sragen, dan Klaten survei juga akan dilakukan untuk sembilan daerah lain. Kesembilan daerah itu antara lain Kabupaten Semarang, Kendal, Rembang, Wonosobo, Purbalingga, Purworejo, Blora, Kota Pekalongan, dan Kebumen karena belum ada calon yang kuat.

“Kami berharap sebelum pendaftaran pasangan calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum [KPU] pada 26 Juli mendatang rekomendasi untuk 21 calon kepala daerah di Jateng sudah rampung,” harap Agustina.

Secara terpisah, Wakil Katua DPD Gerindra Jateng Sriyanto Saputro memastikan akan mengusung Kusdinar Untung Yuni Sukowati sebagai calon Bupati Sragen pada Pilkada 2015. “Gerindra berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera [PKS] sudah 99 persen mengusung Kusdinar Untung Yuni Sukowati sebagai calon Bupati Sragen,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com di Semarang, Minggu (28/6/2015).

Sedangkan untuk calon Bupati Boyolali, menurut Sriyanto akan mengusung Agus Purmanto yang sekarang menjabat sebagai Wakil Bupati Boyolali. Untuk calon Bupati Sukoharja mengusung Agus T. “Untuk calon bupati Wonogiri, Klaten, dan Solo belum diputuskan,” ungkap dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom