SOLOPOS.COM - Mendagri Tjahjo Kumolo (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada serentak 2015 diikuti pula oleh 3 daerah dengan calon tunggal.

Solopos.com, JAKARTA – Pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2015 tinggal dua bulan lagi. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo optimistis pilkada di tiga daerah yang memiliki calon tunggal yakni Kabupaten Blitar, Tasikmalaya, dan Timor Tengah berjalan dengan baik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pemerintah dan Mendagri optimis kemarin diputuskan oleh MK satu pasangan calon, dan sudah merumuskannya. Tinggal nanti perumusan KPU dikonsultasikan dengan komisi II DPR RI,” kata Tjahjo seusai acara seminar Pilkada Serentak Permasalahan dan Pemecahannya di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Selasa (6/10/2015).

“Perlu konsultasi dengan DPR, saya pikir tidak ada masalah. Satu pasangan calon juga hak konstitusionalnya harus terjamin dengan baik,” tambah dia.

Menurut Tjahjo, bila dilihat dari kacamata pemerintah, tahapan pilkada secara keseluruhan berjalan sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum dan penjabaran undang-undang.

“Pemetaan kerawanan dengan deteksi dini dari kepolisian dan Depdagri anggaran sudah tercukupi. Kemudian dengan kontrol masyarakat, partai politik, termasuk pers. Saya pribadi, pilkada serentak akan berjalan dengan aman,” kata dia.

Seperti diketahui, MK telah mengeluarkan keputusan yang merestui pelaksanaan pilkada calon tunggal di suatu daerah. Dengan keputusan itu, pelaksanaan di Kabupaten Blitar, Tasikmalaya, dan Timor Tengah Utara yang memiliki calon tunggal dapat terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya