SOLOPOS.COM - Ilustrasi (istimewa)

Pilkada serentak 2015 akan didukung sepenuhnya oleh Polri.

Solopos.com, JAKARTA – Seluruh kepala kepolisian resort (kapolres) se-Indonesia hadir menyaksikan simulasi pengamanan pilkada serentak yang digelar Polri di lapangan lalu lintas, Polda Metro Jaya, Kamis (13/8/2015).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol. Harsono ?mengatakan simulasi digelar sebagai bekal menghadapi pilkada yang direncanakan berlangsung di 269 daerah.

Pasalnya, Polri merupakan ujung tombak dalam pengamanan ini.

“Tentu [kami] akan berupaya memberikan keamanan dan ketertiban pada masyarakat,” katanya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Harsono mengatakan Polri enggan kecolongan terkait kemungkinan kekisruhan yang terjadi pada pilkada serentak nanti. Apalagi, ujar Kabagpenum, pilkada serentak ini kali pertama diselenggarakan.

Pengamanan, lanjut Harsono, akan dijalankan sesuai prosedur yang berlaku mulai dari peringatan, ancaman, jumlah personel, hingga tindakan yang harus diambil oleh para kapolda maupun kapolres.

Harsono mengatakan para kepala satuan wilayah itu sudah harus bergerak menyiapkan pengamanan sebelum masa kampanye pada 24 Agustus 2015.

Sementara itu dalam simulasi ini melibatkan 825 personel, dua unit mobil water canon. Simulasi dilakukan dengan situasi kericuhan massa akibat ketidakpuasan terhadap hasil penghitungan suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya