SOLOPOS.COM - Trofi Adipura (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pilkada serentak 2015 dilaksanakan berbarengan ada 9 Desember nanti.

Solopos.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai penghargaan Adipura akan menjadi bahan kampanye murah bagi para petahana pada pemilihan kepala daerah serentak akhir 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

JK dalam pidato Anugerah Lingkungan 2015 di Hotel Bidakara, Senin (24/11/2015), mengatakan penghargaan Adipura akan menjadi keuntungan bagi petahana (incumbent), terutama yang akan kembali bertarung dalam Pilkada 2015.

Pasalnya, penghargaan itu menunjukkan kinerja pemerintah daerah yang optimal dalam menjaga lingkungan. Alhasil, kesempatan untuk kembali menduduki jabatan pemimpin akan lebih besar lagi.

“Saya yakin nanti piala diarak keliling daerahnya dan menjadi kampanye yang baik dan sulit dikritik oleh pesaingnya. Itulah keuntungan kalau incumbent,” tutur dia.

Dalam kesempatan tersebut, Kalla juga menyemangati para pemimpin daerah yang belum mendapat penghargaan lingkungan dari pemerintah itu untuk terus berupaya menjaga kebersihan di daerahnya masing-masing.

“Bagi bupati dan walikota yang belum dapat [Adipura] berusahalah tahun depan agar dalam Pilkada mendapat bahan kampanye murah,”ujarnya.

Sejumlah pemerintah daerah dan dunia usaha meraih penghargaan Adipura dan Proper 2015.

Penghargaan terhadap pemerintah daerah diberikan melalui penilaian Adipura terhadap 357 kota dan ibukota kabupaten seluruh Indonesia. Sedangkan penghargaan terhadap dunia usaha dilakukan melalui proses evaluasi Proper periode 2014-2015 yang melakuka n penilaian terhadap 2.137 perusahaan.

Penilaian Adipura selama empat tahun terakhir mengalami kenaikan dari 63,31 menjadi 67,51. Kenaikan sebesar 6,63% itu merupakan indikasi kenaikan kualitas lingkungan hidup perkotaan secara nasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya