SOLOPOS.COM - Pasangan Yuliyanto dan Muh. Haris menuju Kantor KPU Salatiga dengan jip warna putih Kamis (22/9/2015). (Facebook.com-Boim Tiadatara)

Pilkada Salatiga memasuki masa pendaftaran peserta, pasangan Yuliayanto-Muh. Haris (Yaris) pun mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga.

Semarangpos.com, SALATIGA – Proses pendaftaran pasangan Yuliyanto dan Muh. Haris menjadi peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di Kantor Komite Pemilihan Umum (KPU) Salatiga, Kamis (22/9/2016), diwarnai kesalahan penulisan nama dari partai pendukungnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Partai-partai pendukung pasangan mantan wali kota dan wakil wali kota Salatiga yang maju kembali dalam Pilkada 2017 itu menuliskan nama keduanya tidak sesuai dengan yang tertera di kartu tanda penduduk (KTP). Alhasil proses pendaftaran pasangan yang akrab disapa Yaris (Yuliyanto-Muh Haris) ini pun berlangsung sedikit molor dari jadwal.

Ekspedisi Mudik 2024

Pasangan Yaris hadir ke KPU Salatiga dengan didampingi para pendukung dari delapan partai politik, yakni Partai Demokrat (PD), Partai Keadilan Sosial (PKS), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasiola Demokrat (Nasdem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gerakan Indonesia raya (Gerindra), Partai Perindro, dan Partai Amanat Nasional (PAN). Namun, saat menyerahkan surat dukungan terhadap keduanya ke KPU Salatiga, kedelapan parpol ini salah menuliskan nama Yuliyanto dan Muh. Haris.

Nama kedua calon ini ditulis tidak sesuai dengan yang tertulis di KTP yang menjadi dasar pembenaran KPU. Nama Yuliyanto ditulis oleh kedelapan parpol itu tanpa mencantumkan huruf y di tengah. Sementara itu, nama Muh Haris banyak yang menulis dengan nama Muhammad Haris maupun Moh Haris.

”Atas kesalahan itu kami pun harus berkoordinasi dengan Panwaslu [Panitia Pengawas Pemilu], kedua calon dan para partai pendukung. Akhirnya disimpulkan para partai pendukung itu memberikan surat pernyataan yang disertai materai bahwa nama yang tercantum merupakan pasangan yang mereka dukung tersebut,” ujar Ketua KPU Salatiga, Putnawati, saat dihubungi Semarangpos.com, Kamis petang.

Perempuan yang akrab disapa Puput ini menjelaskan akibat pembuatan surat pernyataan dukungan itu proses pendaftaran pasangan Yaris yang diusung Koalisi Beriman itu berlangsung lama. Hal ini dikarenakan para partai pendukung itu harus menuliskan kata-kata yang tepat dalam surat pernyataan dukungan itu serta menyiapkan materai.

“Selebihnya tidak ada masalah dalam proses pendaftaran pasangan Yaris. Para pendukung yang mengantarkan keduanya mendaftar tadi banyak, tapi juga tidak berisik. Mereka semua memberi dukungan secara tertib,” imbuh Puput.

Puput menambahkan hingga pendaftaran hari kedua calon wali kota (cawali) dan calon wakil wali kota (cawawali) Pilkada Salatiga, Kamis, baru pasangan Yaris yang mendaftar. Sementara, lawannya pasangan Agus Rudianto-Dance Ishak Palit yang didukung Koalisi Rakyat, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) direncanakan akan mendaftar ke KPU Salatiga, Jumat (23/9/2016) siang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya