SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pilkada Salatiga 2017 diwarnai survei dari beberapa lembaga independen.

Si Ganesa, maskot Pilkada atau Pilwalkot Salatiga 2017. (JIBI/Solopos/Antara/ Aloysius Jarot Nugroho)

Si Ganesa, maskot Pilkada atau Pilwalkot Salatiga 2017. (JIBI/Solopos/Antara/ Aloysius Jarot Nugroho)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Semarangpos.com, SALATIGA — Pasangan nomor urut 2 dalam Pilkada 2017 di Kota Salatiga, Yuliyanto-Muh Haris (Yaris), kembali unggul dalam survei yang dilakukan lembaga independen. Kali ini lembaga survei yang memenangkan pasangan Yaris adalah Proximity.

Dalam survei yang dilakukan dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling itu, Yaris unggul 50,2%. Sementara lawannya, pasangan Agus Rudianto-Dance Iskak Palit (Rudal) hanya meraih 35,4% dukungan dari total jumlah responden 2.500 orang. Sementara itu, 14,4% dari jumlah responden belum menentukan pilihan sehingga digolongkan sebagai swing voters.

“Survei ini kami adakan mulai 1-6 Februari 2017 di empat kecamatan yang ada di Salatiga dengan margin error sekitar 1,9%,” ujar Direktur Riset Sosial dan Politik Proximity, Ubaid, saat menggelar jumpa pers di Salatiga, Kamis (9/2/2017).

Ubaid menyebutkan selama menggelar survei timnya telah mewawancarai responden dari berbagai kalangan, mulai dari wiraswasta, ibu rumah tangga, hingga buruh tani. Ia mengklaim rata-rata masih ingin Kota Salatiga dipimpin oleh pasangan Yaris yang sebelumnya juga menjabat sebagai wali kota dan wakil wali kota.

“Kebanyakan dari responden masih cukup senang dengan kepemimpinan Yaris. Jadi Pilkada ini lebih dikarenakan sosok figur Yaris yang masih popular di kalangan masyarakat daripada lawannya,” imbuh Ubaid.

Ubaid yakin hasil survei timnya itu tak akan jauh berbeda dengan hasil pemilihan atau pemungutan suara pada Rabu (15/2/2017) mendatang. Terlebih lagi waktu yang dimiliki kedua pasangan untuk mendongkrak popularitasnya lebih baik saat ini hanya tersisa kurang dari sepekan.

“Mungkin yang masih bisa dikejar adalah para swing voters, yang memang belum menentukan pilihan. Tapi, kalau itu dioptimalkan pun pasangan Yaris masih unggul dengan perkiraan sekitar 58,6% berbanding 41,4%,” ujar Ubaid.

Selama Pilkada 2017 tercatat sudah ada dua lembaga independen yang menggelar survei di Salatiga. Selain Proximity, survei juga pernah digelar oleh Media Survei Center Indonesia (MSCI) pada pertengahan Januari lalu. Saat itu, hasil survei juga tak jauh berbeda, di mana pasangan Yaris unggul daripada Rudal pada Pilkada 2017.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya