SOLOPOS.COM - Calon wali kota Salatiga nomor 2, Yuliyanto, tegang menyaksikan proses perhitungan cepat yang dilakukan timnya di Posko Pemenangan Yaris, Jl. Merdeka Selatan, Sidorejo Lor, Salatiga, Rabu (15/2/2017). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Pilkada Salatiga menempatkan pasangan Yulianto-Haris unggul dalam quick count atau perhitungan cepat.

Logo Ganesa, maskot Pilkada Kota Salatiga 2017. (kpu-salatiga.go.id)

Logo Ganesa, maskot Pilkada Kota Salatiga 2017. (kpu-salatiga.go.id)

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Semarangpos.com, SALATIGA – Pemungutan suara Pilkada Salatiga, Rabu (15/2/2017), sudah diketahui hasil sementaranya dari quick count atau perhitungan cepat. Pasangan calon Yulianto-Muh. Haris unggul dalam sejumlah perhitungan cepat hasil pemungutan suara itu.

Poster yang diunggah Yuliyanto di akun Facebooknya seraya mengklaim kemenangannya dalam Pilkada Salatiga. (Facebook.com-Yuli Yanto)

Poster yang diunggah Yuliyanto di akun Facebooknya seraya mengklaim kemenangannya dalam Pilkada Salatiga. (Facebook.com-Yuli Yanto)

Meskipun bukan hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU), calon wali kota nomor 2 Yulianto sudah mengumumkan kemenangannya melalui akun Facebook miliknya. Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim pemenangan Yaris dan juga seluruh warga Kota Salatiga.

Yulianto juga mengucapkan terima kasih kepada rivalnya, pasangan Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (Rudal). “Terima kasih juga saya ucapkan kepada pasangan Rudi dan Dance, yang telah membantu mewujudkan persaingan kondisif, damai, dan lancar,” tulis Yuliyanto.

Ia bahkan mengajak pasangan Rudal untuk bersama-sama membangun Kota Salatiga. “Kita sudahi semua persaingan kemarin, karena hari persaingan sudah berakhir, kini mari bersama kita membangun Salatiga bersama sebab Yaris adalah milik semua. Tak peduli warna dan bendera apa yang dimiliki,” imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan Semarangpos.com, berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat yang dilakukan Media Survei Center Indonesia (MSCI) di Posko Yaris, pasangan Yulianto-Muh. Haris unggul dengan mendapat 50,71% suara. Sedangkan, lawannya, Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (Rudal), mendapat 49,29%. Pasangan Yaris mampu meraih dukungan 53.307 suara dari total surat suara yang masuk. Sementara pasangan Rudal hanya mengumpulkan 51.807 suara.

Selain MSCI, di dunia maya, Internet, beredar pula sejumlah hasil perhitungan sementara suara Pilkada Kota Salatiga 2017 lainnya. Pengguna akun Facebook Yakub Adi Krisanto misalnya, membeberakan dua versi hasil quick count atau hitung cepat di dinding pribadinya yang ditautkan pula ke dinding akun resmi Yuliyanto.

Sayangnya, akademisi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga itu tak transparan menyebutkan sumber kedua versi hasil quick count atau hitung cepat yang ditampilkannya. Yang pasti dari unggahan Yakub Adi Krisanto itu terungkap bahwa pasangan calon wali kota dan wakil wali kota salatiga Yulianto-Muh. Haris unggul dibandingkan lawannya.

Versi pertama hasil quick count atau hitung cepat suara Pilkada Kota Salatiga 2017 yang ditampilkan Yakub Adi Krisanto, menyebutkan pasangan Rudal kalah tipis dengan meraih 46.278 suara dibanding pasangan Yaris yang berhasil memperoleh 46.708 suara dari total 92.989 suara sah yang masuk. Pada versi kedua, yang mestinya dihasilkan lembaga berbeda, Yaris kembali unggul dengan perolehan 50,62% atau 49,942 suara dibanding Rudal yang hanya memperoleh 49,48% atau 48,906 suara dari total 98.848 suara sah yang masuk. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya