SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Pilkada Purbalingga akan digelar bersamaan dengan pilkada serentak akhir tahun ini.

Kanalsemarang.com, PURBALINGGA-– Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, optimistis pemasangan alat peraga kampanye (APK) pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat dapat dilakukan sesuai target pada awal Oktober 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Alhamdulillah lelang ketiga sudah ada pemenangnya dan hari ini dilakukan penandatanganan kontrak. Jadi, Insya Allah awal Oktober seluruh APK sudah terpasang semua,” kata Ketua KPU Kabupaten Purbalingga Sri Wahyuni di Purbalingga, Selasa (15/9/2015).

Dalam hal ini, kata dia, seluruh APK yang telah selesai dibuat akan langsung dipasang oleh rekanan KPU pada tempat-tempat yang telah ditentukan.

Ia mengatakan bahwa pemasangan APK yang tidak dibuatkan oleh KPU atau tidak sesuai ketentuan KPU merupakan salah satu bentuk pelanggaran.

“APK yang di luar ketentuan, yang dibuatkan oleh KPU itu dilarang, pelanggaran itu. APK yang boleh dipasang adalah buatan KPU, itu (APK) sedang dalam proses,” katanya.

Seperti diwartakan, proses pengadaan APK oleh KPU Purbalingga sempat tertunda karena dua kali gagal lelang.

Oleh karena itu, KPU berencana akan melakukan pengadaan langsung jika proses lelang ketiga kembali gagal.

Pengadaan langsung tersebut mengacu pada Surat Edaran KPU RI Nomor 554/KPU/VIII/2015 tentang Prosedur Pelimpahan Kewenangan Persetujuan Penunjukan Langsung Apabila Terjadi Pelelangan/Seleksi Ulang Gagal dari Pengguna Anggaran (PA) kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota.

APK yang pengadaannya melalui proses lelang itu berupa lima buah baliho, spanduk sebanyak 478 lembar untuk 239 desa/kecamatan masing-masing dua lembar, dan umbul-umbul sebanyak 360 buah untuk 18 kecamatan masing-masing 20 buah.

Pilkada Purbalingga diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan Tasdi-Dyah Hayuning Pratiwi yang diusung PDIP, Partai Gerindra, Partai NasDem, PKS, dan PAN, serta pasangan Sugeng-Sutjipto yang diusung PKB, Partai Hanura, dan Partai Demokrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya