SOLOPOS.COM - Alat Peraga Kampanye (APK) salah satu paslon dirusak dengan senjata tajam di kawasan Desa Banaran, Galur, Selasa (15/11). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Pilkada Kulonprogo Kulonprogo diwarnai perusakan alat peraga kampanye

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sedikitnya 11 Alat Peraga Kampanye (APK) milik pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo yang tersebar di empat kecamatan dirusak oknum tak bertanggungjawab.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Menanggap kejadian ini maka Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) akan menyerahkan kasus ini kepada sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu).

Tamyus Rohman, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kulonprogo menegaskan bahwa perusakan APK merupakan tindakan pidana. Jika terbukti maka pelaku akan dikenai sanksi pidana penjara 1 hingga 6 bulan dan atau denda Rp100.000 sampai Rp1 juta.

Lebih lanjut, ia menguraikan bahwa kejadian serupa pernah terjadi dalam pemilihan legislatif yang lalu. Perusakan terjadi di kawasan Kecamatan Kokap. Namun, pelaku kemudian tidak dikenai sanksi karena ternyata dilakukan oleh anak-anak.

Marbudi, salah satu warga Galur, mengatakan APK yang berada di Desa Banaran sebelumnya masih dalam kondisi baik. Ia sendiri biasa mencari rumput di sekitar pertigaan Jalan Trisik tersebut sehari-harinya.

“Kondisinya kemarin utuh dan terpasang dengan baik,” jelasnya ditemui di lokasi.

Menurutnya, spanduk tersebut kemungkinan dirusak dengan pisau berdasarkan robekan yang ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya