SOLOPOS.COM - Sebuah baliho tampak masih memajang gambar Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo bersama istrinya di perbatasan Kulonprogo - Bantul, tepatnya Jalan Wates kilometer 16, Minggu (24/7/2016). (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja)

Pilkada Kulonprogo masi akan digelar tahun depan, namun berbagai wacana persiapan sudah mulai dilakukan

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sejumlah baliho yang memasang foto incumbent akan dilakukan penertiban oleh Pemkab Kulonprogo dalam hal ini oleh Satpol PP Kulonprogo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski demikian, Duana Heru, Kepala Satpol PP Kulonprogo mengatakan bahwa hal tersebut penertiban tersebut masih perlu dikoordinasikan dengan sejumlah pihak terkait.

Duana menjelaskan bahwa jika pada masa kampanye nanti akan ada fatwa temuan dari Panwas yang kemudian dilaporkan ke KPU maka baru akan dilakukan penertiban. Penertiban inilah yang kemudian dilakukan oleh Pemkab Kulonprogo melalui Satpol PP.

“Satpol PP tugasnya mengeksekusi saja,” ujarnya ketika dihubungi oleh Harianjogja.com, Minggu (24/7/2016).

Hal tersebut juga masih harus menunggu kepastian akan calon-calon yang akan maju dalam pilkada mendatang. Selain itu, Duana mengakui bahwa memang sebelumnya di daerah lain yang telah melaksanakan pilkada ada yang mencopot baliho yang memajang calon incumbent.

Hal tersebut dilakukan guna menjaga semangat netralitas dalam pelaksanaan pilkada. Terlebih lagi, apabila kedua pemimpin daerah kemudian sama-sama maju kembali dalam pilkada sebagaimana yang terjadi di Sleman pada 2015 lalu.

Meski baliho tersebut tidak dimaksudkan sebagai alat kampanye namun hal tersebut dilakukan untuk memberikan suasana kondusif jelang pelaksanaan pilkada.

Mengacu pada Sleman pula, Duana mengatakan bahwa SKPD yang memasang baliho incumbent akan bersikap pro aktif terhadap penertiban tersebut.

Adapun, Hasto Wardoyo dan Sutedjo selaku Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo selama ini memang terpajang dalam sejumlah baliho dalam iklan layanan masyarakat ataupun himbauan milik pemerintah.

Kedua diprediksi akan maju kembali dalam pilkada 2017 mendatang dan telah mengambil formulir sebagai bakal calon yang akan diusung di beberapa partai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya