SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sejumlah kader partai politik tampak merapatkan diri dengan PDI Perjuangan.

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sejumlah kader partai politik tampak merapatkan diri dengan PDI Perjuangan. Mereka datang ke sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kulonprogo untuk mengambil formulir pendaftaran calon kepala daerah yang bakal diusung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 mendatang. Meski demikian, kesepakatan berkoalisi belum juga terucap.

Sebanyak 10 berkas formulir pendaftaran tercatat dikeluarkan Badan Pemenangan (BP) Pemilu DPC PDI Perjuangan Kulonprogo pada Kamis (17/3/2016) kemarin. Dua diantaranya adalah berkas untuk posisi calon bupati, sedangkan sisanya calon wakil bupati. Pengambil formulir berasal dari kalangan yang beragam, mulai dari para incumbent, politisi, pengusaha, hingga pegawai negeri sipil (PNS). Selain itu bukan hanya kader internal PDI Perjuangan, melainkan juga nonpartai dan bahkan partai lain, seperti PAN, PKS, dan PKB.

Pantauan Harian Jogja, kader PAN yang mengambil formulir pendaftaran di DPC PDI Perjuangan adalah Sutedjo dan Ponimin Budi Hartono. Keduanya memilih formulir calon wakil bupati. Namun, ketika disinggung soal koalisi, jawabannya masih nihil.

Berbeda dengan kader PAN yang datang secara terpisah, perwakilan pengurus DPC PKB Kulonprogo dan Garda Bangsa hadir bersamaan. Mereka mengambil sebuah formulir pendaftaran calon wakil bupati meski belum menentukan nama yang akan diusung. Namun, sikap itu juga hanya disebut sebagai langkah silaturahmi biasa karena masih ada mekanisme internal yang perlu dilalui.

Hal serupa juga dilakukan beberapa perwakilan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kulonprogo. Mereka tiba di DPC PDI Perjuangan Kulonprogo pada Kamis malam, beberapa saat sebelum layanan pengambilan formulir ditutup. Mereka pun hanya mengambil formulir tanpa menyebutkan siapa yang hendak disodorkan. Hanya saja, PKS lebih berani menyatakan sikap politiknya. “Kita ingin bisa menempatkan wabup dalam pilkada, makanya siap bersama PDI Perjuangan membangun Kulonprogo yang lebih baik,” kata Ketua DPD PKS Kulonprogo, Ajrudin Akbar, dikonfirmasi pada Jumat (18/3/2016).

Ajrudin lalu mengungkapkan, PKS juga telah melakukan upaya penjaringan calon sebagai persiapan menghadapi Pilkada serentak 2017. Ada 11 nama yang dibawa ke tingkat Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) untuk mendapatkan rekomendasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya