SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pilkada Kulonprogo menunggu pendaftaran calon independen sampah hari ini

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pendaftaran calon independen yang maju dalam pilkada Kulonprogo 2017 dibuka hingga hari ini. KPU Kulonprogo mensyaratkan agar calon independen yang mendaftar telah membawa dukungan dari 28.552 warga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Muh. Isnaini, Ketua KPU Kulonprogo mengatakan bahwa sejauh ini belum ada calon independen yang mendaftar. Pendafataran calon independen tetap akan ditunggu hingga hari ini pukul 16.00 WIB. “Kami tunggu sampai besok [Rabu,(10/8/2016)],”ujarnya di Kantor KPU Kulonprogo, Selasa (9/8/2016).

Adapun, calon independen harus langsung membawa syarat dukungan agar bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Karena itu, bagi calon independen yang belum memenuhi persyaratan maka pendaftaranya tidak akan bisa diterima.

Syarat pendafataran didapatkan dari hasil perhitungan 8,5% dari DPT terakhir Kulonprogo yang mencapai 335.897 orang. Dukungan tersebut salah satunya dibuktikan dalam bentuk lampiran fotokopi kartu identitas, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selain itu, dukungan juga harus tersebar minimal di 7 desa. Berkas dukungan ini kemudian akan diverifikasi oleh PPS yang akan mengkonfirmasi dukungan kepada masing-masing orang. Jika memang ada yang harus diperbaiki maka bisa dilakukan pada 29 September hingga 1 Oktober.

Sementara itu, berdasarkan PKPU No 4/206 juga terdapat beberapa perubahan dalam tahapan dan jadwal penyelenggaraan pilkada. Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulonprogo, Panggih Widodo menguraikan bahwa sekitar 75% jadwal pelaksanaan tahapan bergeser dari jadwal sebelumnya. Meski demikian, pemungutan suara tetap dilaksanakan sesuai rencana pada 15 Februari mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya