SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pilkada Kulonprogo, PAN sudah menentukan pasangannya.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kulonprogo digelar 2017. Muncul opsi koalisi dari PAN dan PDIP

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suradi dan Sutedjo menjadi dua nama paling kuat yang akan menjadi calon wakil bupati dari PAN. Hal ini diutarakan oleh Ketua DPD PAN Kulonprogo, Ponimin Budi Hartono pada rapat kerja daerah dan pelantikan pengurus DPD PAN Kulonprogo, di Gedung Kesenian Wates, Minggu (19/6/2016) malam.

Ketua DPW PAN DIY, Nazarudin mengtakan siapapun nama yang akan diusung nantinya harus didukung oleh semua kader dan pengurus partai di berbagai level.  Kemenangan dalam Pilkada 2017 mendatang juga menurutnya merupakan hal yang mutlak.

DPD PAN Kulonprogo juga telah melakukan komunikasi dengan PDIP guna membahas kembalinya kedua partai tersebut dalam satu koalisi. Terlebih lagi, Hasto Wardoyo yang merupakan kader PDIP merupakan satu-satunya calon bupati yang terdaftar di DPD PAN Kulonprogo.

Sementara itu, 4 partai politik yang tergabung dalam koalisi Gerbangnasdem (Gerindra, PKB, Nasdem, dan Demokrat) memastikan akan mengusung Budiyono sebagai calon bupati dalam pilkada Kulonprogo 2017 mendatang. Penentuan wakil bupati yang akan mendampingi Budiyono sendiri masih akan diputuskan oleh koalisi tersebut.

Heri Sumardiyanto, Ketua DPC Partai Gerindra Kulonprogo mengatakan bahwa Budiyono saat ini telah terdaftar sebagai calon bupati di Gerindra.

“Beliau juga sudah mengajukan KTA[Kartu Tanda Anggota], akan kami tindak lanjuti,”jelasnya, Senin(20/6/2016).  Ia mengatakan bahwa dengan koalisi tersebut maka ada 13 kursi yang siap mengusung Budiyono.

Menanggapi hal ini, Budiyono mengatakan bahwa dirinya siap menjadi calon bupati dalam helatan politik tersebut. Ia sendiri menyerahkan calon wakil bupati yang akan mendampinginya kepada partai dan koalisi pengusungnya.

“Siapapun yang ditunjuk saya siap,”ujarnya.

Saat ini, terdapat empat bakal calon bupati yang terdaftar di DPD PAN Kulonprogo. Keempat nama tersebut yakni Suradi, Sutedjo, Hamam Muttaqien, dan Ponimin Budi Hartono. Kemunculan dua nama yang bersaing ketat tersebut diharapkan tidak menimbulkan perpecahan di antara pengurus partai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya