SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada (Solopos-Dok.)

Pilkada Kota Semarang akan digelar tahun ini bersamaan dengan pilkada serentak.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Calon wali kota dari PDI Perjuangan, Hendrar Prihadi, mengaku siap dipasangkan dengan siapa pun pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Semarang 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya siap mengikuti semua bagian proses rekrutmen calon oleh DPP PDI Perjuangan,” kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, di sela uji kepatutan dan kelayakan bakal calon di Semarang, Kamis (4/6/2015).

Uji kelayakan dan kepatutan yang ditangani DPP PDI Perjuangan itu, diikuti oleh bakal calon dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada pada 2015, termasuk Kota Semarang.

Ada empat fungsionaris DPP PDI Perjuangan yang melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap para bakal calon, yakni Utut Adianto, Juliari P Batubara, Prof Hendrawan Supratikno, dan M. Prakosa.

Sebagai kader, Hendi menyerahkan keputusan rekomendasi kepada DPP PDI Perjuangan, termasuk pasangannya pada Pilkada Kota Semarang 2015 jika rekomendasi sebagai calon wali kota diberikan kepadanya.

Hendi yang juga Wali Kota Semarang itu, mengatakan siap dipasangkan dengan siapapun calon wakil wali kota, namun diharapkan calon wakil wali kota harus menambah atau mendongkrak perolehan suara.

“Sebagai kader, saya ikuti ‘fit and proper test’ sebagai bagian dari proses rekrutmen. Kali ini wawancara yang materinya terkait komitmen kepartaian dan pengembangan Kota Semarang,” katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang itu, mengakui komunikasi dengan DPP PDI Perjuangan selalu dilakukan, namun tidak pernah membicarakan hasil tes maupun rekomendasi calon wali kota dan wakilnya.

“Semua keputusan saya serahkan DPP (DPP PDI Perjuangan, red.). Namun, kalau untuk calon wali kota yang penting bagi saya harus bisa menambah perolehan suara pada pilwakot mendatang,” katanya.

Selain Hendi, bakal calon lain untuk Pilkada Kota Semarang 2015 yang ikut uji kepatutan kelayakan itu, yakni Bambang Husono yang juga mendaftar sebagai bakal calon wali kota dari PDI Perjuangan.

Selebihnya, adalah bakal calon wakil wali kota, yakni Kadarlusman, Hermansyah Bakri, Purnomo Ari W, Claudya Chlastriningrum, Dewi Susilo, Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan Widhi Handoko.

Salah satu bakal calon wakil wali kota Widhi Handoko menyatakan keseriusannya untuk mengikuti seluruh tahapan yang ditentukan dan telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

“Saya optimistis karena sudah mempersiapkan materi yang diujikan, seperti kepartaian, kepemimpinan, keorganisasian, sosial ekonomi, dan pemerintahan,” kata pengajar Universitas Diponegoro Semarang itu.

Hal senada disampaikan bakal calon wakil wali kota lainnya, Dewi Susilo.

Ia mengatakan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Semarang dengan latar belakangnya sebagai pengusaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya