SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja dan pasangan calon peserta Pilkada akan menggelar penghitungan cepat dalam pelaksanaan Pilkada mendatang. Penghitungan suara cepat oleh KPU akan dilakukan secara real count.

Ketua KPU Kota Jogja, Nasrullah menjelaskan, real count merupakan proses penghitungan cepat dengan cara melampirkan seluruh data dari hasil Pilkada.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Saat ini, jelas Nasrullah, KPU telah menyiapkan formulir yang dibagikan bersama logistik pemungutan suara ke setiap TPS untuk melakukan real count tersebut. “Untuk mempercepat proses real count ini, kami sudah menyiapkan formulir khusus. Nanti dalam penghitungan akan disisihkan dari kotak sehingga dapat cepat di sampaikan ke KPU dan dilakukan dalam penghitungan real count,” katanya.

Nasrullah menjelaskan, hasil perhitungan cepat tidak akan menjadi acuan penetapan hasil pemungutan suara.

Penetapan hasil Pilkada melalui real count itu, dijelaskan Nasrullah, tetap akan mengikuti hasil akhir dari rekapitulasi manual perolehan suara yang dilakukan secara berjenjang mulai dari TPS, PPK dan di KPU. 

Penghitungan suara cepat dalam pelaksanaan Pilkada Kota Jogja juga dilakukan oleh masing-masing pasangan calon Walikota. Rata rata dari konsep penghitungan yang mereka lakukan menggunakan saksi atau relawan masing masing paslon yang ditempatkan pada masing masing TPS. Sementara mengenai sistem pemberian informasi perolehan suara disampaikan secara langsung oleh relawan ke posko pemenganan pasangan calon melalui mekanisme yang telah ditetapkan oleh masing masing.(Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya