SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Mahasiswa dan dosen itu akan membantu tugas-tugas KPU.

Harianjogja.com, JOGJA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja merekrut sebanyak 184 mahasiswa dan dosen untuk menjadi relawan demokrasi mensukseskan pemilihan walikota dan wakil walikota (Pilwalkot) Jogja 2017 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mahasiswa dan dosen tersebut terdiri dari 99 orang dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKD) dan 85 orang da Universitas Ahmad Dahlan (UAD), “Besok Selasa ada MoU Rektor kedua kampus tersebut dengan KPU di Kecamatan Kotagede,” kata Komisioner KPU Kota Jogja, Bidang Pendidikan Politik dan Humas, Sri Surani, Minggu (16/10).

Rani mengatakan mahasiswa dan dosen itu akan membantu tugas-tugas KPU terutama dalam sosialisasi kepda masyarakat, khususnya para pelajar. Mereka akan masuk ke sekolah-sekolah untuk menyisipi sosialisasi pilwalkot dalam pembelajaran, “Misalnya mengajar PPKN materinya diselipi soal pilwali,” ujar Rani.

Selain mengajar relawan tersebut bisa menjadi petugas upacara di sejumlah sekolah tiap Senin. Soal rencana sosialisasi tersebut, Rani mengaku sudah menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Rencananya bakal ada 78 sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan yang menjadi sasaran sosialisasi.

Ia berharap dengan upaya tersebut dapat menambah pemahaman pemilih pemula yang sebagian besar pelajar dalam pilwalkot. Sebab, diakuinya pemilih pemula kalangan pelajar cukup potensial, yang jumlahnya diperkirakan ada lebih dari 16 ribuan. “Kami ingin memastikan pemilih pemula mendapat informasi yang benar dan lengkap soal pilwali,” katanya.

Relawan rencananya mulai menjalankan tugasnya pada 1 November-31 Desember mendatang. Saat ini mereka tengah menjalani bimbingan teknis soal sosialisasi pilwalkot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya