SOLOPOS.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja, Wawan Budianto menyerahkan kenang-kenangan pada Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono saat beraudiensi ke Griya Harian Jogja, Rabu (21/10/2015). (Harian Jogja/Nina Atmasari)

Pilkada Kota Jogja akan digelar Februari 2017

Harianjogja.com, JOGJA – Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Jogja akan digelar Februari 2017. Ada empat fasilitas baru yang akan diberikan pada kontestan peserta pilwalkot.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja, Wawan Budianto menyebutkan dalam pemilihan tersebut, KPU akan memfasilitasi kampanye untuk semua kontestan. Ada empat jenis kampanye yang diberikan meliputi debat, alat peraga, bahan kampanye dan iklan media cetak maupun elektronik.

“Semua calon diberikan porsi yang sama,” kata Wawan, saat beraudiensi ke Griya Harian Jogja, Rabu (21/10/2015).

Dengan fasilitas ini, menurutnya nanti semua kontestan akan memiliki posisi yang setara dalam hal sosialisasi dan kampanye. Nantinya, paslon juga tidak diperbolehkan melakukan kampanye secara mandiri, termasuk iklan di media.

Ia menambahkan, tahapan pilwalkot akan dimulai 12 bulan sebelumnya, yakni Maret 2016. Saat ini, KPU sudah mengajukan anggaran dana pada Walikota Jogja. “Kami mengajukan sesuai kebutuhan, Rp14,8 miliar. Tapi nanti disetujui berapa belum tahu, karena APBD belum ditetapkan,” jelasnya.

Sri Surani, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat KPU Kota Jogja menambahkan pihaknya akan terus mengupayakan agar pilwalkot tersosialisasi dengan baik.

“Saat ini, kami belajar dari penyelenggaraan pilkada di 3 daerah di DIY. Hasilnya kami gunakan untuk mengantisipasi agar permasalahan tidak terjadi pada kami nantinya, seperti mempersiapkan alat peraga kampanye agar tidak terlambat,” jelasnya.

Menanggapi paparan tersebut, Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono mengungkapkan sebagai media, Harian Jogja memiliki tugas untuk edukasi masyarakat. “Kami siap bekerjasama dengan KPU,” katanya.

Terkait kebijakan redaksi, ia menyatakan Harian Jogja akan berada di tengah dan tidak memihak calon tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya