SOLOPOS.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Siti Farida (kedua dari kiri) saat menerima berkas persyaratan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati jalur perseorangan, Mustafid Fauzan (kedua dari kanan)-Sri Harmanto (kanan) di kantor setempat, Senin (15/6/2015). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Pilkada Klaten 2015 dari calon Mustafid Fauzan-Sri Harmanto yakin akan melaju mulus lantaran sudah menyiapkan 60.000 dukungan.

Solopos.com, KLATEN – Mustafid Fauzan-Sri Harmanto meyakini laju mereka sebagai calon bupati dan calon wakil bupati (Cabup-cawabup) Klaten tak akan terganjal persyaratan administrasi terkait dengan jumlah berkas dukungan. Mereka mengklaim sudah menyiapkan 60.000 berkas dukungan yang baru dan akan segera diserahkan ke KPU Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, Fauzan-Sri Harmanto saat mendaftar menyerahkan 86.177 berkas dukungan ke KPU. Namun setelah diverifikasi faktual, KPU menyatakan hanya 62.644 dukungan dinyatakan memenuhi syarat. Sisa 23.533 dukungan lainnya tak memenuhi syarat karena berbagai alasan. Padahal, syarat dukungan minimal yang harus dipenuhi sebagai calon perseorangan di Klaten adalah 82.861 dukungan.

Ekspedisi Mudik 2024

Ini artinya, Fauzan-Sri Harmanto kekurangan 20.217 berkas dukungan. KPU masih memberi kesempatan kepada pasangan ini untuk melengkapi kekurangan. Hanya, sesuai aturan, jumlah dukungan yang harus mereka tambahkan dua kali lipat dari jumlah kekurangan. Fauzan-Sri Harmanto harus mencari 40.434 berkas dukungan baru.

“Kami sudah siapkan berkas dukungan susulan itu. Yang kami siapkan sudah melampaui jumlah minimal. Kami akan menyerahkan 60.000 dukungan ke KPU hari Kamis [5/8/2015] atau Jumat [6/8/2015] nanti. Saat ini, kami sudah siap melengkapi seluruh persyaratan KPU termasuk penyusunan tim kampanye, laporan dana awal kampanye, dan lain sebagainya,” kata Fauzan kepada Solopos.com, Selasa (4/8/2015).

Disinggung tentang kesiapan menghadapi Pilkada mendatang, Fauzan mengaku sudah menyiapkan strategi pemenangan bersama tim sukses (timses). Selama ini, masing-masing timses sudah bergerak hingga tataran akar rumput di Klaten guna meraih kemenangan di Pilkada tahun 2015.

Berbekal berbagai persiapan yang sudah dilakukan, Fauzan-Sri Harmanto siap bersaing dengan pasangan lain di Klaten yakni Sri Hartini-Sri Mulyani yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem); One Krisnata-Sunarto yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat; pasangan Suhardjanto-Sunardi yang diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

“Kami sudah memiliki tim penggerak di tingkat kecamatan dan desa. Kami meyakini, kami bisa meraih kemenangan saat Pilkada nanti,” katanya.

Terpisah, Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Klaten, Muh. Ansori, mengatakan toleransi waktu yang diberikan KPU terhadap pasangan perseorangan untuk melengkapi segala perlengkapan persyaratan hingga, Jumat (7/8/2015).

“Untuk berkas-berkas pasangan calon yang masih kurang diberi waktu sama, yakni paling lambat Jumat mendatang,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya