SOLOPOS.COM - Maskot Pilkada Klaten 2015 (Istimewa)

Pilkada Klaten 2015 KPU menemukan ratusan identitas ganda dari data dukungan pasangan calon independen.

Solopos.com, KLATEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menenemukan ratusan identitas ganda dari data dukungan pasangan calon independen, Mustafid Fauzan-Sri Hermanto. Jumlah data ganda yang ditemukan mencapai 608 data.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota KPU Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, M. Anshori, mengatakan untuk saat ini KPU masih menyelesaikan tahap pengecekan administrasi dari pasangan calon perseorangan atau independen. “Saat ini masih dalam tahap pengecekan administrasi. Belum sampai ke tahap verifikasi faktual,” jelas dia, Jumat (19/6/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Dari hasil pengecekan administrasi itu, terdapat 608 data ganda yang ditemukan dari data dukungan Fauzan-Sri Hermanto mencapai 86.177 orang. “Data ganda itu satu identitas tercatat dua kali. Sehingga, jika dikurangi dengan data ganda yang ditemukan maka tersisa data dukungan 85.559 orang,” katanya.

Anshori menjelaskan setelah pengecekan administrasi, bakal dilakukan verifikasi faktual mulai Selasa (23/6/2015) yang ditargetkan rampung pada 6 Juli 2015 mendatang. Verifikasi faktual dilakukan dengan mengecek satu per satu warga yang masuk dalam data dukungan.

Guna pengecekan itu, KPU bakal melibatkan panitia pemungutan suara (PPS) yang tersebar ke berbagai desa di Klaten. “Untuk verifikasi faktual nanti kami ingin memastikan yang masuk dalam data itu apa benar-benar mendukung pasangan independen atau tidak,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, awal pekan lalu dua pasangan calon independen menyerahkan persyaratan ke KPU Klaten. mereka yakni Polo Dirgantara-Joko Suyono dan Mustafid Fauzan-Sri Hermanto. Namun, pasangan Polo Dirgantoro-Joko Suyono dinyatakan tak lolos lantaran tak memenuhi syarat dukungan yang ditetapkan KPU yakni 82.621 dukungan.

Sebelumnya, Mustafiq Fauzan menyatakan bakal menggerakkan sukarelawan di setiap desa/kelurahan di Klaten guna membantu pemenangan dirinya setelah mengetahui syarat dukungan yang diserahkan ke KPU memenuhi syarat. Ia juga berencana menjalin komunikasi politik dengan seluruh elemen masyarakat di Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya