SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pilkada Klaten 2015 memasuki tahapan debat putaran II.

Solopos.com, KLATEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten memastikan acara debat pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) putaran kedua, Senin (9/11/2015), bisa disaksikan langsung melalui live streaming.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara, para pendukung pasangan cabup dan cawabup yang mendatangi lokasi dilarang membawa alat peraga kampanye (APK).

Komisioner KPU Klaten Divisi Sosialisasi, M. Anshori, mengatakan kepastian gelaran debat pasangan cabup dan cawabup bisa dinikmati melalui live streaming setelah dilakukan uji coba pada Minggu (8/11/2015).

“Tadi sudah diuji coba dan berjalan lancar. Untuk tayangan live streaming kami mulai pukul 08.00 WIB melalui website KPU-klatenkab.go.id,” jelas dia, Minggu.

Terkait larangan dalam pelaksanaan debat itu, Anshori menjelaskan para pendukung pasangan calon yang mengikuti debat dilarang membawa APK. “Selain kaus, pendukung dilarang membawa APK. Soal penindakan, nanti akan dilakukan dari panwaslu,” katanya.

Hal yang sama ditegaskan Komisioner KPU Divisi Pemungutan dan Penghitungan Suara, Joko Hadi Siswanto. APK itu termasuk poster yang dipasang pada bambu.

“Dalam tata tertib sudah disampaikan, misalnya pendukung tidak boleh membuat kegaduhan, termasuk APK tidak boleh berada di dalam [ruang debat]. Tentu nanti ada pengawasan dan dilakukan berlapis,” urai dia.

Ketua KPU Klaten, Siti Farida, mengatakan debat terbagi dalam beberapa sesi. Salah satu sesi debat para cabup dan cawabup mendapat pertanyaan yang berasal dari masyarakat umum. Pertanyaan disampaikan melalui rekaman video dan ditampilkan dalam layar saat debat digelar.

KPU sudah memilih tiga kelompok masyarakat yang menyampaikan pertanyaan ke pasangan cabup dan cawabup.

“Mereka yakni pemilih pemula, difabel, dan petani. Kenapa tiga kelompok itu kami pilih, karena sesuai dengan yang diamanatkan dalam PKPU tentang Kampanye dan kami terjemahkan pada tiga kelompok tersebut. Jadi, kami lakukan pemilihan elemen masyarakat ini berdasarkan pertimbangan regulasi. Pertanyaannya sudah kami rekam, karena untuk video conference langsung saat pelaksanaan agak sulit,” jelas dia.

Sementara, pada pelaksanaan debat sesi keempat yakni tanya jawab dan tanggap balik. Masing-masing pasangan diberi kesempatan menyampaikan pertanyaan ke pasangan lain dan bisa memberikan tanggapan balik.

Debat pasangan cabup dan cawabup digelar di Gedung Sunan Pandanaran, Senin, mulai pukul 08.30 WIB. Di Klaten, ada tiga pasangan cabup dan cawabup yang mengikuti gelaran pilkada.

Debat putaran kedua disiarkan langsung melalui RSPD Klaten. Selain itu, ada siaran tunda melalui TVRI Yogyakarta pada Kamis (12/11/2015) pukul 17.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya