SOLOPOS.COM - Maskot Pilkada Klaten 2015 (Istimewa)

Pilkada Klaten 2015 PAC disebut mendukung Aris Widiharto menjadi calon bupati.

Solopos.com, KLATEN – Dukungan seluruh pimpinan anak cabang (PAC) PDIP kepada salah satu calon bupati (cabup) tertentu dinilai tak benar. Ketua PAC PDIP Prambanan, Purnomo Sugiyanto, mengatakan belum lama ini kepengurusan 17 PAC yang sudah terbentuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu berdasarkan hasil musyawarah anak cabang (musancab) yang digelar di masing-masing kecamatan. “Kami menjadi pengurus PAC secara de facto di bawah kepemimpinan Pak Sunarna. Ada 26 PAC yang secara resmi dilaporkan ke DPD Jateng pada 5 Juli. Isi laporan itu yakni 17 pengurus PAC sudah melaksanakan musancab sesuai aturan yang sudah ditetapkan,” jelas dia, Kamis (9/7/2015).

Sementara, kepengurusan empat PAC belum terbentuk lantaran musancab berakhir deadlock. Kondisi itu terjadi pada musancab untuk pengurus PAC Klaten Selatan, Klaten Tengah, Polanharjo, serta Trucuk. Selain itu, terdapat lima PAC yang belum melaksanakan musancab berada di lima kecamatan yakni Bayat, Kalikotes, Kebonarum, Juwiring, serta Delanggu.

Lantaran hal itu, ia menyatakan dukungan dari seluruh PAC PDIP kepada salah satu calon bupati (cabup) yang maju melalui PDIP tak benar. Purnomo menegaskan 17 PAC yang secara sah sudah menyatakan dukungannya kepada cabup lain. “Kalau PAC yang sudah terbentuk secara de facto, mendukung Pak Aris Widiharto [menjadi cabup],” kata dia.

Sebelumnya, sejumlah orang yang menyatakan kader PDIP memberikan dukungan kepada salah satu cabup yakni One Krisnata. Sikap itu disebut didukung oleh seluruh pengurus PAC PDIP Klaten.

Salah satu kader yang menyatakan diri sebagai Pengurus PAC PDIP Klaten Tengah, Andri Wahyu Dewanto, mengatakan dukungan itu berdasarkan hasil diskusi dari sejumlah kader. “Sebenarnya beberapa teman kami sering diskusi mengingat pilkada sudah dimulai. Sembari menunggu rekomendasi, kami melihat potensi dan memikirkan bersama. Kami juga menggelar roadshow ke lima dapil. Kami melihat Pak One yang kualifikasi dan kapasitasnya memiliki potensi maju sebagai cabup,” jelas dia saat ditemui wartawan Minggu (5/7/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya