SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Ilustrasi pemilih memasukkan surat suara ke kotak suara. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR--Jumlah pemilih baru yang tercatat pada Data Penduduk Potensial Pemilihan Pemilu (DP4) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karanganyar mencapai sekitar  4.000 orang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sedang melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) DP4 Pilkada Karanganyar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, mengatakan jumlah pemilih pada Pilkada Karanganyar lebih banyak dibanding Pilgub Jateng. Para pemilih tersebut merupakan warga Karanganyar yang berhak memilih sesuai aturan seperti telah minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah.

“Pemilih baru pada Pilkada Karanganyar mencapai 4.000 orang yang telah memenuhi persyaratan pemilih,” katanya saat ditemui Solopos.com, Selasa (14/5/2013).

Kendati demikan, jumlah DP4 Pilkada Karanganyar bisa berkurang atau bertambah. Para PPDP bakal melakukan pemutakhiran data pemilih dengan mengecek di setiap rumah penduduk.  “Dinamika kependudukan selalu berubah setiap saat, bisa saja sekarang tercatat pada DP4 namun besok sudah meninggal dunia,” ujarnya.

Sementara Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Karanganyar, Kustawa Esye, mengungkapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Jateng sebanyak 691.104 orang. Kemungkinan, jumlah DPT Pilkada Karanganyar bakal bertambah lantaran terdapat ribuan pemilih baru.

Para petugas bakal langsung mencoret pemilih yang tidak berhak menggunakan hak pilihnya seperti pemilih ganda, orang gila atau berstatus PNS/Polri. Hasil pemutakhiran data pemilih tersebut bakal diverifikasi kembali setelah ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Para pemilih yang belum tercatat dalam DPS diminta segera melapor ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar segera dimasukkan dalam daftar pemilih,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya