SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR — Pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) jalur independen atau perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karanganyar bakal dibuka secara resmi mulai 27 Mei mendatang. Setiap cabup-cawabup jalur independen wajib mengumpulkan empat persen dari total jumlah penduduk atau sekitar kurang lebih 30.000 dukungan di sembilan kecamatan.

Divisi Sosialisasi KPU Karanganyar, Sutopo, mengatakan pihaknya membuka pendaftaran seluas-luasnya bagi masyarakat yang berkeinginan maju sebagai cabup-cawabup melalui jalur independen pada Pilkada Karanganyar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Penyerahan berkas dukungan pasangan cabup-cawabup jalur independen dimulai pada 27 Mei mendatang. Silakan masyarakat yang mempunyai keinginan maju sebagai cabup-cawabup asal memenuhi persyaratan,” katanya kepada Solopos.com, Jumat (10/5/2013).

Pendaftaran cabup-cawabup jalur independen lebih awal dibanding pasangan cabup-cawabup yang diusung partai politik (parpol). Pasalnya, verifikasi dokumen pasangan cabup-cawabup jalur independen membutuhkan waktu cukup lama. Sementara pendaftaran cabup-cawabup yang diusung parpol dijadwalkan pada akhir Juli mendatang.

Selama ini, pihaknya telah mensosialisasikan persyaratan yang mutlak dipenuhi para cabup-cawabup jalur independen. Bahkan, pihaknya telah mengumpulkan para bakal cabup-cawabup jalur independen bersama pengurus parpol di Karanganyar pada pekan lalu. Pihaknya mensosialisasikan jadwal tahapan penyelenggaraan Pilkada Karanganyar termasuk pendaftaran cabup-cawabup jalur independen.

“Kami telah menyosialisasikan tahapan penyelenggaraan Pilkada Karanganyar termasuk kepada para bakal cabup-cawabup jalur independen,” bebernya.

Sementara Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, menyatakan sesuai rapat dengan unsur Muspida Karanganyar, pihaknya mengansumsikan penyelenggaraan Pilkada Karanganyar diikuti tujuh pasang cabup-cawabup yang terdiri dari lima pasang yang diusung partai politik (parpol) dan dua pasang dari jalur independen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya