SOLOPOS.COM - Cabup-Cawabup Karanganyar (Dok/Solopos)

MELEWATI BALIHO CAGUB-CAWABUP KARANGANYAR

Cabup-Cawabup Karanganyar (Dok/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Prosesi pelantikan dan pengucapan sumpah calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) terpilih periode 2013-2018 dipastikan digelar pada Minggu (15/12/2013) mendatang. Pelantikan dan pengambilan sumpah akan dilakukan langsung Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilengkapi surat keterangan Mahkamah Konstitusi (MK) akan diserahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar ke DPRD Karanganyar.

Selanjutnya, hasil rekapitulasi penetapan suara tersebut dilaporkan Dewan ke Gubernur Jateng. Kemudian, Gubernur Jateng akan melantik dan mengambil sumpah cabup-cawabup terpilih pada Desember mendatang.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat ini, KPU Karanganyar tengah menunggu surat keterangan dari MK yang berisi tak ada gugatan sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karanganyar hingga Rabu (9/10/2013).

Setelah surat keterangan diterbitkan maka hasil rekapitulasi penghitungan suara segera diserahkan ke Dewan.

“Kami masih menunggu surat keterangan dari MK untuk menguatkan penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara,” kata Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho kepada Solopos.com, Jumat (4/10/2013).

Menurut Handoko, pihaknya tetap akan menyerahkan penetapan hasil penghitungan suara ke DPRD kendati belum mengantongi surat keterangan MK. Setelah penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara diserahkan Dewan maka segala tahapan Pilkada termasuk pelantikan dan pengucapan sumpah pasangan calon terpilih dilaksanakan DPRD Karanganyar.

Selanjutnya, penetapan hasil penghitungan suara Pilkada dilaporkan ke Gubernur Jateng yang dilengkapi jadwal pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan cabup-cawabup terpilih.

“Kami belum tahu lokasi pelantikannya karena menjadi tanggungjawab DPRD Karanganyar. Yang jelas pelantikan dan pengambilan sumpah cabup-cawabup terpilih dilakukan Gubernur Jateng,” paparnya.

Sementara itu Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto menjelaskan sesuai aturan, penetapan hasil penghitungan suara akan dilaporkan ke Gubernur Jateng. Kini, pihaknya masih menunggu penyerahan penetapan hasil penghitungan suara dari KPU Karanganyar.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menggelar pelantikan pasangan cabup-wabup terpilih pada Desember mendatang.

Menurutnya, pelantikan akan dihadiri para unsur Muspida Karanganyar serta para pejabat di lingkungan Pemkab Karanganyar dan Pemprov Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya