SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pilkada Jogja sudah masuk dalam tahapan verifikasi data pemilih

Harianjogja.com, JOGJA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja menyatakan verifikasi data pemilih yang dilakukan panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di masing-masing kelurahan baru mencapai 67% dari total 345.297 pemilih.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Meski demikian, KPU Kota yakin proses verifikasi data pemilih bisa selesai sampai 7 Oktober mendatang, batas akhir proses verifikasi data pemilih.

“Capaian ratai-rata baru 67 persen, tertinggi Pantarlih wilayah Danurejan 80 persen dan terendah Wirobrajan 56 persen,” kata Komisioner KPU Kota Jogja Bidang Pendidikan Politik, Sri Surani, Kamis (29/9/2016).

Untuk memastikan Pantarlih sesuai tahapan, komisioner KPU Kota kembali melakukan grebek pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di wilayah Kotabaru, Gondokusuman, Jogja. Rani mengatakan, dalam grebek coklit tersebut persoalan yang ditemukan di wilayah Kotabaru masih banyak data pemilih berlum terverifikasi.

Menurut dia Kotabaru merupakan salah satu wilayah yang mobilitas penduduknya cukup tinggi. Tidak heran Pantarlih sulit menemui pemilih. Meski demikian pihaknya tidak serta merta mencoret data pemilih meski sulit ditemui karena dikhawatirkan menghilangkan hak suara.

“Pencoretan baru bisa dilakukan ketika petugas sudah mempeperoleh verifikasi dari pengurus RT dan RW bahwa yang bersangkutan sudah tidak tinggal di Jogja,” kata Rani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya