SOLOPOS.COM - Ilustrasi penghitungan suara (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada Jogja semakin mendekati hari pemungutan suara

Harianjogja.com, JOGJA-Proses pemungutan suara pada pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwalkot) Jogja, Rabu, 15 Februari mendatang akan direkam dan hasilnya langsung diunggah ke youtube.com oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota Pengawas Kota Jogja, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Iwan Ferdian mengatakan upaya Bawaslu RI merekam setiap peristiwa yang terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) dan mengunggahnya ke youtube untuk meminimalisasi terjadinya kecurangan dalam pemungutan suara.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kecurangan dalam pemilihan kepala daerah biasanya diawali dari proses pemungutan suara di TPS,” kata Iwan, baru-baru ini.

Karena itu pihaknya sudah menyiapkan pengawas di semua TPS dalam Pilwalkot Jogja. Pengawas juga dibekali dengan alat perekam yang akan melaporkan semua kejadian di TPS mulai dari awal dimulainya pemungutan suara, proses penghitungan suara, hasil penghitungan suara, sampai kejdian-kejadian yang dianggap menonjol di TPS.

Hasil perekaman dikirim langsung melalui Panwas Kota Jogja, kemudian dilanjutkan ke Bawaslu RI. “Hasil rekaman tidak ada yang diedit melainkan langsung dikirim ke Bawaslu dan diunggah langsung oleh Bawaslu ke youtube,” kata dia.

Menurut Iwan, pengawasan berbasis Informasi Teknologi (IT) dalam pengawasan pilkada serentak ini juga dilakukan di semua daerah yang melaksanakan pilkada.

Total pengawas TPS dalam pilwalkot ada 794 orang, sesuai dengan jumlah TPS. Selain mengawasi TPS, pengawas TPS juga diminta berkeliling selama masa tenang untuk mengawasi kemungkinan adanya kegiatan kampanye terselubung, karena masa tenang dinilai rawan pelanggaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya