SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Ayu Prawitasari/JIBI/SOLOPOS)

Pilkada Jogja digelar tahun depan, tetapi persiapan dimulai hingga saat ini.

Harianjogja.com, JOGJA — Panitia Pengawas (Panwas) pemilihan walikota dan wakil walikota (Pilwalkot) Jogja membuka pendaftaran pengawas tingkat kecamatan (Panwascam).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tiap kecamatan dibutuhkan tiga orang pengawas,” kata Anggota Panwas Kota Jogja, Bidang Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga, Iwan Ferdian, Senin (20/6/2016).

Iwan mengatakan pendaftaran calon panwascam akan dibuka mulai 23-26 juni mendatang, dilanjutkan tes wawancara pada 30 juni. Syarat yang diutamakan bagi pendaftar adalah orang yang berdomisili di kecamatan yang akan diawasinya.

Rekrutmen panwascam ini lebih mudah dibanding rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Panwascam yang sudah berkali-kali bertugas dalam pemilu masih bisa mendaftar, tidak ada batasan usia, hanya bukan engurus partai atau pasangan calon yang ikut dalam pilwalkot. Surat lamaran calon petugas panwascam dikirim langsung ke Sekretariat Panwas Kota Yogya Jalan Suryopranotor 54 Gunungketur Pakualaman.

Iwan menambahkan masa tugas panwascam pada pilwalkot ini akan lebih lama dibanding saat mengawasi pemilihan legislatif (Pileg).

“Masa tugas panwascam tujuh bulan, kalau ada perpanjangan bisa sampai sembilan bulan,” katanya. Sementara untuk honor tiap petugas panwascam Rp1,1 juta per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya