SOLOPOS.COM - Ketua KPU Jogja, Wawan Budiyanto menyerahkan maskot Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Jogja kepada Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono (Mediani Dyah Natalia/JIBI/Harian Jogja)

Pilkada Jogja masih membutuhkan sosialisasi.

Harianjogja.com, JOGJA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus menggiatkan sosialisasi untuk menjangkau partisipasi pemilih Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Jogja dari berbagai kalangan, termasuk masyarakat kelas bawah maupun pemilih pertama.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Komisioner KPU Kota Jogja, Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Politik, Sri Surani, menyampaikan pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi untuk menggaungkan Pilwalkot Jogja. Dari membuat jingle, maskot maupun pendekatan lain.

“Sosialisasi ini perlu terus dilakukan karena belum banyak masyarakat bawah yang tertarik dengan Pilwalkot,” terangnya saat audiensi ke Griya Harian Jogja, Jumat (26/8/2016).

Adapun, tegas dia, Pilwalkot merupakan hajatan bersama warga Jogja sehingga perlu didukung seluruh pihak. KPU Kota Jogja disebutnya terus mengenalkan Pilwalkot agar setiap lapisan masyarakat yang berpartisipasi mendapatkan informasi yang tepat.

Media massa, media sosial, seminar, penanyangan film pendek di videotronik hingga happening art di perempatan lampu merah juga diadakan dengan menyasar 14 kecamatan di Kota Jogja. Selain itu, dua Perguruan Tinggi Swasta (PTS), yakni Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universitas Kristes Duta Wacana (UKDW) turut digandeng.

“Mahasiswa dari dua PTS ini dikerahkan. Selama empat bulan mahasiswa akan mendampingi masyarakat, sehingga sosialisasi dapat lebih massif,” ungkapnya.

Ketua KPU Jogja, Wawan Budiyanto mengatakan pihaknya juga memberikan perhatian kepada pemilih pemula. Selain memberikan pemahaman melalui pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), kerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja juga akan dilakukan.

“Bisa jadi juga didekati dengan menjadi Pembina Upacara di seluruh SMA di masing-masing wilayah PPK [Panitia Pemilihan Kecamatan],” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya