SOLOPOS.COM - Sri Sultan HB X menggunakan hak suaranya dalam Pilkada Kota Jogja di TPS 9 Panembahan, Kecamatan Kraton, Jogja. (Herlambang Jati Kusumo/Harian Jogja)

Pilkada Jogja dimenangkan oleh Imam Priyono di TPS Sultan

Harianjogja.com, JOGJA-Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja nomor urut satu, Imam Priyono dan Achmad Fadhil menang telak di TPS Sultan HB X, Rabu (15/2/2017). Dari 589 DPT yang terdaftar di TPS 09 Panembahan, hanya 377 DPT yang menggunakan hak pilihnya.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Ketua KPPS TPS 09 Panembahan, Hardy Kisworo mengungkapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di TPS ini cukup banyak yakni mencapai 589 DPT. Ditambah kuota surat suara tambahan sebesar 2,5%, total ada 604 surat suara yang tersedia.

“Hanya 377 orang atau sekitar 65 persen pemilih yang menggunakan hak pilihnya,” ujar Hardy.

Hasil perhitungan surat suara di TPS ini, menunjukkan sebanyak 274 suara berhasil diraih pasangan calon yang diusung oleh PDI Perjuangan, yakni Imam Priyono dan Achmad Fadli. Sedangkan pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi hanya memperoleh 88 suara.

“Sedangkan sisanya, sebanyak 15 suara adalah surat suara tidak sah,” imbuh Hardy.

Hardy mengungkapkan banyaknya jumlah pemilih yang tidak hadir saat pencoblosan disebabkan karena domisili. Pasalnya, meski terdaftar di TPS tersebut, banyak masyarakat yang tinggal di daerah lain. Di antaranya pekerja maupun mahasiswa yang belajar di luar Kota Jogja.

“Kebanyakan usia produktif kerja di luar Jogja, jadi kemungkinan itu alasan mereka tidak hadir. Ada juga yang kemudian pindah TPS,” jelas  Hardy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya