SOLOPOS.COM - Emil Elestianto Dardak (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Emil dardak mengisi fromulir LHKPN via online.

Madiunpos.com, TRENGGALEK — Bupati Trenggalek yang saat ini juga menjadai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengisi formulir laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) secara daring (online/e-LHKPN) dan mengirimkannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi/KPK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Emil maju sebagai Cawagub Jatim mendampingi Khofifah Indar Parawansa.

Ekspedisi Mudik 2024

“Secara online saya telah mengisi e-LHKPN dan juga mengirimkan berkas asli LHKPN ke gedung KPK Kavling K4, Kuningan, Jakarta Selatan, karena LHKPN merupakan suatu hal yang penting sebagai wujud transparansi kepada publik,” kata Emil yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Trenggalek, Selasa (16/1/2018).

Emil di sela-sela acara penyerahan bantuan laptop untuk kelompok jurnalis warga di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kabupaten Trenggalek, menambahkan pelaporan LHKPN sebagai bagian persyaratan untuk maju dalam Pilkada Jatim 2018.

Kendati berkaitan dengan pilgub, Emil berharap inisiatif penyerahan LHKPN tersebut diikuti oleh para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD), khususnya di lingkup Pemkab Trenggalek dengan memanfaatkan e-LHKPN dalam melakukan laporan kekayaan secara periodik.

Menurut Emil, kesadaran untuk menyerahkan e-LHKPN bagi pejabat OPD penting demi terwujudnya transparansi dan kemudahan pelaksanaan pengawasan dari lembaga yang berwenang.

Bupati yang tercatat sebagai peraih gelar doktor termuda Indonesia ini juga sudah pernah melaporkan LHKPN pada tahun 2015.

Sebelumnya, KPK melalui juru bicaranya Febri Diansyah mengimbau kepala daerah untuk segera melaporkan harta kekayaan pribadi.

Febri mengatakan berkas LHKPN juga menjadi salah satu syarat untuk para calon mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing daerah dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya