SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pegawai KPU menyiapkan logistik pemilu (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada serentak 2017 digelar di tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng).

Semarangpos.com, SALATIGA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) terus melakukan supervisi terhadap persiapan penyelenggaraan tahap pemungutan suara Pilkada serentak 2017 di tujuh kabupaten dan kota di Jateng.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, mengatakan sejauh ini persiapan tahap pemungutan suara yang akan berlangsung Rabu (15/2/2017) terbilang lancar. Jika pun ada kendala hal itu hanya terjadi di beberapa tempat dan lebih dikarenakan faktor cuaca.

“Jika pun ada kendala itu lebih dikarenakan faktor alam, seperti banjir atau cuaca buruk di daerah perairan dan bukan karena kesengajaan dari perangkat penyelenggara,” tutur Joko saat dihubungi Semarangpos.com, Senin (13/2/2017).

Joko menyebutkan faktor alam yang menghambat Pilkada 2017 sempat terjadi di Jepara. Ombak besar yang terjadi selama beberapa hari di wilayah itu membuat pendistribusian logistik pemilu sempat terhambat.

“Namun, Alhamdulillah pada Sabtu [11/2/2017] kemarin semua kebutuhan logistik sudah terkirim,” beber Joko.

Selain Jepara, daerah lain yang terancam mendapat gangguan cuaca adalah Pati. Di Kabupaten Pati ada tiga kecamatan yang terendam banjir.

“Kami akan berkomunikasi dengan KPU Pati dan forum komunikasi pimpinan daerah [Forkominda] setempat untuk mengatasi persoalan ini,” terang Joko.

Joko berprinsip bahwa banjir tidak boleh menghanguskan hak pilih seseorang. Sehingga, meski daerahn dilanda banjir ia pun harus menyediakan TPS yang bisa digunakan di lokasi itu. Namun jika tidak, bisa dilakukan relokasi TPS ke pengungsian atau memfasilitasi antarjemput pemilih dari pengungsian ke TPS terdekat.

Selain Jepara dan Pati, ada lima kabupaten dan kota di Jateng yang juga menggelar Pilkada 2017. Kelima daerah itu, yakni Batang, Banjarnegara, Brebes, Cilacap, dan Salatiga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya