SOLOPOS.COM - Empat peserta pilkada atau Pilgub Jateng (dari kiri ke kanan) Ida Fauziyah, Sudirman Said, Ganjar Pranowo, dan Taj Yasin. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Pilkada Jateng 2018 hanya diikuti oleh dua pasagan calon, yaitu Sudirman-Ida dan Ganjar-Yasin.

Solopos.com, SEMARANG — Pilkada Jateng 2018 diikuti dua pasangan calon setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng resmi menetapkan Sudirman Said – Ida Fauziyah dan Ganjar Pranowo – Taj Yasin. Namun, dalam Rapat Pleno Terbuka tersebut, kedua pasangan calon tidak hadir dan hanya diwakili.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, mengatakan setelah resmi ditetapkan, maka kedua pasangam calon memiliki hak, kewajiban, dan larangan yang sama. Di antaranya, hak untuk berkampanye, kewajiban mematuhi perundangan kampanye, serta larangan melanggar undang-undang.

Dikatakan Joko, meski sudah ditetapkan sebagai pasangan calon, namun KPU masih menunggu surat pengunduran diri dari Ida Fauziyah selaku anggota DPR dan Taj Yasin sebagai anggota DPRD Jawa Tengah. “Surat ditunggu hingga tanggal 16 Februari ini. Mungkin sudah proses, tapi belum tuntas. Kita tunggu saja,” ucapnya, Senin (12/2/2018) di Kantor KPU Jateng.

Untuk pengambilan nomot urut, lanjutnya, akan dilaksanakan pada Selasa (13/2/2018) pukul 19.00. “Dalam acara pengambilan nomor urut tersebut, rencananya akan dihadiri Kapolda Jateng yang sekaligus akan menyampaikan mengenai komitmen Pilgub Damai. Kita semua bertekad menyelenggarakan pilkada yang damai, aman, dan menyenangkan,” paparnya.

Menurut Joko, meski masa kampanye akan dimulai pada Kamis (15/2/2018), tapi deklarasi kampanye damai yang diikuti pasangan calon akan digelar pada Minggu (18/2/2018). Dalam kampanye damai tersebut, pasangam calon akan dihadirkan di acara car free day dan jalan bersama di jalan protokol di Kota Semarang.

Sementara Sekretaris DPD Gerindra Jateng Sriyanto Saputro menegaskan bersama partai koalisi PKS, PAN, dan PKB siap mentaati aturan yang ditetapkan KPU. “Mari kita jaga iklim kondusif dan demokrasi yang sehat di Jawa Tengah. Kami siap kerja cerdas memenangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya