SOLOPOS.COM - Tiga pasangan Cagub/Cawagub DKI Jakarta (kiri kanan), Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki T. Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno memegang contoh alat peraga kampanye saat Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas di Kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (29/10/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Survei terhadap pemilih pemula jelang Pilkada Jakarta menunjukkan Ahok-Djarot unggul di kalangan pemilih pemula.

Solopos.com, JAKARTA — Satu lagi hasil survei jelang Pilkada Jakarta diumumkan, Senin (26/12/2016). Kali ini, Voxpol Center Research and Consulting (VCRC) memaparkan bahwa tingkat keterpilihan pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) unggul di kalangan pemilih pemula jika pemilihan dilaksanakan hari ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hasil survei pemilih pemula menunjukkan jika pemilihan gubernur [Pilkada] DKI Jakarta dilaksanakan hari ini, [responden ditanya] ‘pasangan mana yang akan Anda pilih?’ Sebanyak 29,02% responden memilih Ahok-Djarot,” ujar Direktur Eksekutif VCRC Syarwi Pangi Chaniago saat menyampaikan hasil survei tersebut.

Menurutnya, dalam posisi tersebut pasangan Ahok-Djarot, menempati tingkat keterpilihan paling atas. Sementara itu, pasangan Agus-Sylvi dipilih 25,06% responden, dan Anies-Sandi mendapat dukungan 17,19%,” ujarnya. Responden yang belum menetapkan pilihannya disebutkan sebanyak 28,73%.

“Itu artinya, undecided voter pemilih pemula masih cukup besar,” ujar Syarwi.

Untuk tingkat popularitas, disebutkan bahwa Ahok unggul dengan raihan suara 90,64%, disusul Anies Baswedan 77,81%, Agus Harimurti Yudhoyono 76,43%, Djarot Saiful Hidayat 76,16%. Sedangkan Sandiaga Uno mencatat tingkat popularitas 66,29%, dan Sylviana Murni 46,47%.

“Masih banyaknya popularitas calon di bawah 90% harus menjadi bahan evaluasi bagi para calon untuk melakukan pendekatan yang lebih efektif, atraktif dan persuasif terhadap pemilih pemula,” ujarnya.

Jika dilihat dari tingkat kesukaan terhadap figur calon, ujarnya, peringkat teratas diraih oleh Agus 57,83%, diikuti Sandiaga 51,46%, Anies 50,82%, Djarot 48,43%, Ahok 47,12%, dan Sylviana 34,65%.

Survei VCRC dilaksanakan pada 30 November-10 Desember 2016 dengan menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan margin of error +/-4,8% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

“Jumlah responden survei ini sebanyak 400 orang yang berumur 17 s/d 21 tahun, sebagian sudah kawin dan pertama kali ikut dalam menentukan pilihannya pada pilkada DKI Jakarta [pemilih pemula], sebagian sudah pernah memilih pada pilpres, sebagian siswa dan mahasiswa,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya