Tutup Iklan

PILKADA JAKARTA : Sandiaga Uno Targetkan Buka 800.000 Lapangan Kerja Baru

PILKADA JAKARTA : Sandiaga Uno Targetkan Buka 800.000 Lapangan Kerja Baru

SOLOPOS.COM - Anies Baswedan bersama istri dan Sandiaga Uno bersama istri mengakat tangan saat deklarasi pencalonan di rumah orang tua Prabowo, Jl. Kertanegara, Jakarta, Jumat (23/9/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir)

Memulai kampanye di Pilkada Jakarta, Sandiaga Uno menargetkan membuka 800.000 lapangan kerja baru di DKI.

Solopos.com, JAKARTA -- Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menargetkan 200.000 pelaku usaha baru di Ibu Kota jika terpilih. Menurutnya pelaku usaha baru secara otomatis juga akan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dengan demikian dia berharap dapat mengurangi satu permasalahan utama di Jakarta, yakni masalah kurangnya lapangan pekerjaan.

“Rakyat jakarta itu ingin, selain macet dan banjir, skala prioritas pertama itu lapangan pekerjaan,” kata Sandiaga kepada Bisnis di Pos Pemenangan Melawai, Jakarta, Senin (24/10/2016).

Sandiaga menjelaskan bahwa dia tidak memiliki diferensiasi dalam menjawab tantangan menyelesaikan macet dan banjir di Jakarta. Program-program yang ada saat ini seharusnya sudah dapat menjawab tantangan itu jika dijalankan dengan baik.

Berdasarkan hasil focus group discussion (FGD) tim internalnya, dia memutuskan menjawab tantangan lapangan pekerjaan di Ibu Kota. Berbekal pengalamannya di dunia usaha selama lebih kurang 20 tahun, dia yakin dapat memberikan minimal 800.000 lapangan pekerjaan baru. Sebab menurutnya, jika berhasil menciptakan 200.000 pelaku usaha baru, setiap pelaku usaha mempekerjakan minimal empat orang.

Mantan Direksi PT Adaro Indonesia itu hendak mencapai target tersebut dengan membuat program satu kewirausahaan di setiap kecamatan. Nantinya, akan dipetakan peluang-peluang usaha di setiap wilayah, seperti dalam bidang kuliner, pariwisata, dan teknologi digital. “Kami akan giring UMKM, anak muda untuk diberikan pelatihan-pelatihan yang bisa membidik peluang-peluang usaha,” ujarnya.

Sandi memastikan peserta pelatihan akan memperoleh akses permodalan. Selain itu pelatihan juga akan diisi oleh para pelaku usaha dengan bersinergi dan berkolaborasi dengan para pelaku usaha terkait.

Dia akan membuka beberapa saluran pendanaan untuk mempermudah akses modal, yakni dari sektor KUR (Kredit Usaha Rakyat), lembaga keuangan nonbank, dan koperasi. “Koperasi ini banyak disingkirkan tp ternyata paling pas untuk membangun kebersamaan dalam ekonomi.”

Dengan program itu, Sandi yakin juga sekaligus menjawab masalah ketimpangan di DKI. Selama ini menurutnya ketimpangan terjadi karena kebijakan yang terlau berpihak pada kelas menengah atas. Berdasarkan data yang dia miliki, 60% warga Jakarta masih dalam kategori tertinggal, sementara 40% sudah bisa dikategorikan maju dan berkembang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.

2 Bulan Pelonggaran Kegiatan, Kasus Covid-19 di Wonogiri Tambah 1.200 Lebih

Selama dua bulan pelonggaran kegiatan warga di Kabupaten Wonogiri berlangsung, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lebih dari 1.200 orang.

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Cara Menanamkan Pendidikan Karakter Anak

Pendidikan karakter yang dipahami secara parsial dan tidak tepat sasaran justru bersifat kontraproduktif bagi pembentukan karakter anak.

Pemerintah Dukung UMKM Banyumas dengan Dana Hibah

Pemerintah Kabupaten Banyumas menyalurkan dana pinjaman bergulir yang sudah merupakan program bantuan rutin kepada  pelaku UMKM.