SOLOPOS.COM - Bakal calon gubernur DKI Sandiaga Salahuddin Uno menyapa warga pada kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat di Jl. Cendrawasih Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (29/3/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Fauziyyah Sitanova)

Pilkada Jakarta diwarnai dua pejabat Ahok yang berpeluang jadi pendamping Sandiaga Uno. Selain Saefullah dan Sylviana, Yoyok juga akan dites.

Solopos.com, JAKARTA — Partai Gerindra akan melaksanakan fit and proper test terhadap tiga calon wakil gubernur DKI Jakarta pekan depan. Ketiga nama itu disodorkan oleh calon gubernur Sandiaga Uno.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua DPD Gerindra Jakarta, Mohamad Taufik mengatakan tiga nama calon wakil gubernur pendamping Sandiaga pada Pilgub Jakarta 2017 tersebut kini sudah ada di meja Partai Gerindra. Ketiga nama yang disetorkan Sandiaga ke Gerindra yaitu Sekda DKI Saefullah, Deputi Gubernur DKI Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Sylviana Murni, dan Bupati Batang Riyo Sudibyo (Yoyok).

“Iya, sudah diberian tiga nama kepada kita [Gerindra], pekan depan kita akan melakukan fit and proper test dulu,” kata Taufik.

Menurut Taufik, ada tiga kriteria yang dipertimbangkan untuk memilih cawagub Sandiaga Uno. Pertama, bisa menambah suara. Kedua, punya kemampuan manajerial di bidang pemerintahan, dan ketiga adalahvisi misinya sama dengan Sandiaga.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga mendukung Sandiaga dan akan segera mengukuhkan dukungan tersebut. Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan dukungannya kepada mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu.

Sedangkan untuk wakil Sandiaga Uno di Pilkada Jakarta, Dasco mengatakan Partai Gerindra membuka ruang untuk parpol lain menyodorkan calon wakilnya. “Kita membuka usulan dari parpol lain, tapi nanti kita akan bicarakan dengan seluruh parpol pendukung Sandiaga Uno,” ujarnya, Minggu (28/8/2016).

Anggota Komisi III DPR itu menyebutkan pendamping Sandiaga adalah sosok yang mampu bekerja sama untuk membangun Jakarta lebih baik. Dengan dukungan PKB dan Gerindra, Sandiaga kini mengantongi 21 kursi di DPRD DKI. Jumlah itu masih belum cukup untuk mengantarkannya ikut dalam Pilkada Jakarta 2017.

Pasangan calon yang didukung partai politik atau koalisi partai politik dalam Pilkada DKI minimal memiliki 22 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya